BERBAGI
Masyarakat Keerom Diajak Tak “Menelan” Mentah Isu Medsos
Piter Gusbeger

KEEROM – Piter Gusbager Wakil Bupati Kabupaten Keerom hasil pilihan dan penetapan Anggota DPRD Kabupaten Keerom beberapa waktu mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Keerom untuk tidak “menelan” mentah-mentah berita-berita bohong (Hoax) sengaja disebar luas melalui jejaring media sosial (Medsos) oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Banyak berita – berita simpan siur serta isu- isu bohong (Hoax) yang berkembang di media sosial (Mensos), sengajak disebar oleh orang-orang yang tidak bertangungjawab, sehingga saya minta dan mengajak masyarakat untuk tetap tenang, sabar dan menahan diri,” ungkap Piter Gusbager kepada wartawan melalui via telepon selulernya, Kamis, (24/1) kemarin.

Piter Gusbager menegaskan, berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian tersebar melalui Medsos agar masyarakat Keerom tidak menanggapainya, apalagi saat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Anggota Legislatif.

Pelantikan Bupati Kewenangan Mendagri

Terkait pelantikan Wakil Bupati Kabupaten Keerom, jelas Piter Gusbager bahwa kewenangan sepenuhnya ada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Gubernur Provinsi Papua, sehingga ia mengharapkan kepada elit- elit di daerah untuk tidak membuat peryataan – peryataan yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kita semua sayang Keerom, dan kita semua sayang kepada rakyat sehingga rakya kita perlu jaga. Jangan membuat masyarakat kecil menjadi susah. Kepada masyarakat Keerom yang saya kasihi, saya minta menahan diri, sabar dan tetap tenang. Jangan terpencing dengan isu- isu yang beredar,” ajaknya seraya mengungkapkan agar masyarakat Keerom sama-sama menjaga situasi keamanan dan kedamaian Kabupaten Keerom.

Terkait pelatikan Wakil Bupati terpilih, Piter Gusbager mengatakan bahwa, yang jelas kewenangan ada ditangan Mendagri.  “Yang melantik Wakil Bupati Keerom adalah Gubenur Papua. Diluar dari pada itu tidak ada kewenangan, semua ini untuk menghormati proses yang telah berjalan,” katanya.

Piter Gusbager lebih lanjut menjelaskan, mengenai proses pemilihan Wakil Bupati semua telah sesuai dengan mekanisme perundang – undangan dan tata tertib DPRD Kabupaten Keerom Nomor 64 Tahun 2018 sehingga tinggal menunggu waktu pelantikan.

“Saya sebagai Wakil Bupati Keerom terplih mengajak semua bersatu dan menjaga Kabupaten Keerom yang selama ini berjalan aman, damai, tentram, bersahaja dan Kabupaten Keerom yang menjadi terdepan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah perbatasan RI-PNG,” kata Piter Gusbager.(rhy/pel)