BERBAGI
Polres Yapen Rehabilitasi Masjid Al Muttaqin
Kapolres Yapen AKBP. Penri Erison saat meletakan batu pertama pembangunan rehabilitasi Masjid Al Muttaqin Polres Yapen

SERUI – Sebagai wujud kepedulian terhadap umat saat menjankan Ibadah dengan nyaman khusunya umat Muslim Al Muttaqin, Polres Kabupaten Yapen merehabilitasi bangunan masjid Al Muttaqin ditandai dengan acara peletakan batu pertama oleh Kapolres Kabupaten Yapen AKBP. Penri Erison dan beberapa pejabat lainnya di lingkungan Polres Yapen, Kamis (24/1).

“Masjid Al Muttaqin sebelumnya memang sudah ada, namun hanya direnofasi ulang sebelumnya bisa dibilang kurang nyaman bagi saudara-saudara kita untuk beribadah,” ungkap AKBP. Penri Erison.

AKBP. Penri Erison mengatakan, Masjid ini sudah sejak Tahun 1993 lalu namun sampai sekarang sepernya belum pernah direnofasi sehingga masyarakat sendiri tidak merasa nyaman ketika berbibadah.

“Untuk dana pembangunan Masjid digunakan adalah sumbangan dari para Anggota Kepolisian sejak dulu, dan sumbangan pembangunan Majid bukan dating dari warga Muslim saja melainkan dari umat non Muslim pun juga ikut menyumbag dengan seikhlasnya.

Sebagai orang nomor satu dijajaran Polres Yapen, AKBP. Penri Erison menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung dalam pembangunan Masjid tersebut baik kepada Pemerintah Daerah, kementerian agama, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda), serta semua element masyarakat dan lain sebagainya.

Ditempat yang sama IPTU. Sumadji sebagai Ketua Panitai pembangunan renofasi Masjid memberikan apresiasi kepada Kompol Amir Mukson yang merupakan ide bangunnya Masjid Al Muttaqin Polres Yapen belum terlaksana, beliau sudah dipanggil pulang ke rahmat Tuhan.

Ia menjelaskan, untuk merenofasi Masjid tersebut pihaknya menargetkan bulan Puasa sudah diselsai dan diresmikan sehingga umat Muslim ketika berbadah terutama Sholat Id.

IPTU Sumajdi berharap pembangunan Masjid ini bisa lebih menambah spritual guna bagaimana bisa mendapatkan akhlak yang labih baik lagi. “Ukuran kita bukan diagamanya melainkan dalam ukuran bagaimana orang itu baik dengan akhlak yang baik juga,”. ungkapnya yang juga merupakan Kasat Binmas Polres Yapen.

Untuk target pembangunan sendiri ketua pembangunan menargetkan tujuh sampai delapan bulan kedepan namun tidak tutup kemungkinan bulan puasa besok sudah bisa di gunakan. ” kita kejar di bulan mei besok pas puasa sudah bisa di gunakan walaupun belum maksimal, artinya kita selesaikan lantai satu dulu”.tuturnya

Mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Dinas Pertanian  Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kepulauan Yapen, Wahyudi Irianto menyampaikan apresiasi kepada pihak Polres telah membantu menyiapkan tempat Ibadah.

“Ini sesuai dengan visis misi Bupati dan Wakil Bupati Yapen yaitu menciptakan rasa aman, nyaman dan sejahterah bagi masyarakat Yapen termasuk menciptakan rasa nyaman dalam melaksanakan ibadah,” ungkap Wahyudi Irianto.

Dikatakanya, apa yang dilakukan Kapolres dan seluruh panitia pembangunan Masjid Al Muttaqin sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati,” ungkap Wahyudi Irianto dalam sambutannya.

Dalam acara peletakan bantu pertama ini, pihak panitia menerima beberapa sumbangan dari berbagai kelompok dan juga paguyuban sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan Masjid ini. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Fokopimda Yapen, Kajari Yapen, Dandim 1709/YAWA serta beberapa para perwira dan anggota Polres Yapen, serta tamu undangan lainnya.(her/pel)