BERBAGI
Minggu Hanya 29 Ormas Resmi di Keerom
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Keerom Minggu Bandua, Minggu Bandua

KEEROM – Di Kabupaten Keerom, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) terdaftar secara resmi setelah di verifikasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Keerom Tahun 2018, berjumlah 29 Ormas, baik Ormas Paguyuban, Pemuda, Lembaga Agama Islam dan Lembaga Agama Kristen.

“Jadi jumlah Ormas resmi di Kabupaten Keerom hanya 29 Ormas. Data itu setelah tim melaksanakan verifikasi di lapangan sesuai dengan dokumen/berkas mereka (Ormas) masukan dan mendaftarkan organisasinya ke Kantor Kesbangpol dan memiliki Sekretariatnya,” jelas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Keerom, Minggu Bandua, Selasa (15/01) saat ditemui Harian WONE di ruang kerjanya.

Menurut Minggu Bandua, setiap pembentukan Ormas harus mendaftar di Kesbangpol dengan data lengkap dan valit kerana data itu harus dikirim Kesbangpol ke Pusat.  Apalagi Tahun 2019 ini di Indonesia merupakan tahun Politik melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) baik DPRD, DPRP, DPR-RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, sehingga apabila terjadi ganguan keamanan ditengah-tengah masyarakat ada kemungkinan organisasi kemasyarakatan ini akan dilibatkan untuk menyelesaikan ganguan keamanan tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Minggu Bandua setiap organisasi kemasyarakatan dalam bentuk apapun di Kabupaten Keerom wajib terdaftar di Pemerintah Daerah dalam hal ini Kesbangpol Kabupaten Keerom, sehingga Ormas tersebut tidak dianggap illegal, tetapi legal dan sah.

“Jadi saya imbau Ormas di Kabupaten Keerom yang belum mendaftarkan diri di Kesbangpol Kabupaten Keerom agar mendaftarkan Ormasnya lengkap dengan dokumen Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Organisasi,”pungkasnya. (rhy/pel)