BERBAGI
Bawaslu akan Tertibkan Alat Peraga Kampanye Tak Sesuai Zona
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen, Fredi Agus Ayomi

SERUI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen akan menertibkan alat peraga kampanye Partai dan Caleg berupa baliho pemasanganya tidak sesuai zona yang telah ditetapkan atau ditempat-tempat yang dilarang.

“Kami sudah mengirim surat kepada setiap Partai memberitahukan akan ada penertiban alat peraga kampanye dari Bawaslu yang pemasanganya tidak sesuai dengan zona pemasangan alat peraga kampanye,” tegas Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Yapen, Fredi Agus Ayomi saat ditemui oleh Harian WONE diruang kerjanya, Rabu (16/1).

Fredi Agus Ayomi, mengungkapkan, sampai saat Bawaslu terus melaksanakan pendataan jumlah baliho apakah jumlahnya baleho nya serta tempat pemasanganya sudah sesuai dengan aturan atau tidak. “Sesuai dengan ketentuan PKPU, setiap Partai dapat menempatkan lima sampai sepuluh baliho setiap kampung sesuai zona yang ditentukan, selain itu telah ditetapkan pemasangan dua baliho saja.

Selain menertibkan beleho, Bawaslu juga akan penertibkan stiker yang tidak sesuai peraturan dan tempat pemasangannya. “Kalau pemasangannya dikendaraan milik pribadi, tidak jadi persoalan. Namun apabila alat peraga itu dipasang pada kendaraan umum seperti taksi dan kendaraan roda dua maupun roda empat berplat merah, itu tidak boleh, karena melanggar peraturan kampanye,” tegasnya.

Fredi A. Ayomi lebih lanjut mengatakan, semua langkah yang akan diambil dari Bawaslu sendiri tentunya melalui koordinasi dengan mantra kerja seperti KPU selaku pihak penyelenggara. “Penertiban ini kita koordinasi dengan kepada pihak KPU maupun Partai Politik yang ada,” paparnya.(her/pel)