BERBAGI

 

Lima Hari Listrik Padam
Lima Hari Listrik Padam, Warga Lima Kampung W4M Datangi Kantor PLN Serui

SERUI – Ratusan warga dari dilima kampung masing-masing kampung Wawuti, Wadapi, Wanampompi, Wabuaya dan Mananayang (W4M) mendatangi Kantor PLN Serui menyampakan keluhan mereka rasakan akibat lampu PLN mati total selama lima Hari berturut-turut.

Salah satu warga, Sergius Paulus mengatakan, mereka mendatangi Kantor PLN Serui menanyakan sebenarnya apa yang terjadi sehingga lampung PLN bisa padam selama lima hari berturut-turut.

“Kami minta agar pihak PLN bisa melihat apa yang selama ini terjadi karena kami anggap tidak sepertinya tidak ada perhatian PLN, padahal lampung mati selama lima hari ini,” tanya Sergius Paulus saat menyampaikan aspirasmia di depan Kantor PLN Serui, Selasa (15/1).

“Kami lihat sepertinya adanya unsur kesengajaan dimana gardu disalah satu tanjakan di Kainui jadi masalah terjadinya pemadaman Listrik ini,” singkatnya.

Saat bertemu langsung dengan pihak PLN Serui, Sergius Paulus mengusulkan agar pihak PLN gardu yang dianggap bermsalah harus dipindahkan secepatnya, dan yang kedua melakukan Survei terhadap titik-titik lokasi mana yang ada pohon dapat mengganggu kabel listrik.

Sementara itu, usai pertemuan, Manager ULP Serui meminta maaf atas ketidak nyamanan dirasakan masyarakat dalam menggunakan pelayanan listrik selama ini. Diakui bahwa pemadaman listrik ini mulai dari akhir Tahun 2018 sampai saat ini belum juga diselesaikan karena adanya gangguan di beberapa mesin.

“Ya kita akui bahwa pemadaman sering terjadi sampai saat ini dikarenakan sekarang hanyak enam mesin saja yang hidup, sedangkan empat mesin lainnya masih mengalami gangguan,” jelas Kepala PLN Serui Kartini Fonataba kepada wartawan Harian WONE.

Di singgung soal mesih berdaya 1200 kwh yang sudah diperbaiki pada akhir bulan Desember kemarin, ia katakam mesin tersebut memang sudah baik, namun memasuki tahun 2019 ada mengalami gangguan.

Terkait dengan mesin baru diperbaiki namun kembali rusak, penyebab adanya alat yang meleleh di sebabkan mesin tersebut mengalami kepanasan karena oli mesin tidak naik keatas.

“Apa yang terjadi tentunya pihak PLN dalam hal ini bagian teknis sudah melakukan langkah agar bagaimana bisa teratasi permasalahan yang belum juga di selesaikan,” ungkap Kartini Fonataba.

Ditempat sama saat ditemui, kepada perwakilan masyarakat mengungkapkan bahwa dalam satu hari bisa lebih dari dua kali pemadaman dengan waktu yang cukup lama. “Lampu hanyak nyala sebentar saja tapi di saat padam bisa berjam-jam dan berulang kali mati lampu dalam sehari,’ papar Sergius Paulus (her/pel)