BERBAGI
Nunung/Wone  Sekretaris DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairusi (dua dari kiri), Bendahara DPW PAN Papua, Daud Marisan, Ketua Panitia Rakorwil, Benyamin Kawaitouw dan Bendahara Panitia Rakorwil, Rudy Rumbruren saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Selasa (15/1)
Nunung/Wone
Sekretaris DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairusi (dua dari kiri), Bendahara DPW PAN Papua, Daud Marisan, Ketua Panitia Rakorwil, Benyamin Kawaitouw dan Bendahara Panitia Rakorwil, Rudy Rumbruren saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Selasa (15/1)

JAYAPURA-Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilu legislatif, (Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Papua hari ini, Rabu (16/1) akan menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dengan para Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang diusung partai PAN.

“Rakor kali ini persiapan mengikuti pesta demokrasi tahun 2019, khususnya untuk pemilihan legislatif dan Pilpres (Pemilihan Presiden-red),” kata Sekretaris DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairusi, Selasa (15/01) di Jayapura.

Tujuan utama Rakor, kata Rumbairusi, untuk mensinergikan antara sesama Caleg, Caleg dengan pengurus partai baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, yang outputnya memenangkan kursi di legislatif dan memenangkan presiden yang dusung oleh koalisi di mana PAN bergabung.

“Caleg yang akan hadir di antaranya, 10 orang Caleg DPR RI, 55 orang Caleg DPRP sisanya ketua dan sekretaris DPD PAN dari 20 kabupaten/kota, pengurus DPW PAN dan simpatisan, diperkirakan pesertanya lebih dari 100 orang,” katanya.

Para Caleg ini lanjutnya, akan dibekali materi dari DPP PAN, DPW PAN, KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Dari DPP akan hadir salah satu Wakil Ketua, yaitu Ahmad Hanafi Rais, yang juga Ketua KPPN (Komite Pemenangan Pemilu Nasional-red) dengan rombongan,” ungkapnya.

Yang tak kalah pentingnya, juga akan membahas peran dari saksi saat pelaksanaan pemilu, karena tanpa saksi akan kehilangan informasi apa yang terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dengan adanya Rakorwil ini sesama Caleg bisa saling kenal, dan bisa sharing untuk membicarakan persiapan-persiapan Pileg (Pemilihan Legislatif-red),” ungkapnya.

Dan terkait target kursi di legislatif, ujar Rumbairusi, saat ini di kabupaten dan kota, PAN memiliki sekitar 50 kursi, minimalnya harus dipertahankan dan harus ditambah, jika berpotensi suara PAN kuat maka tidak menutup kemungkinan bisa menduduki pimpinan dewan.

“Untuk DPRP kami targetkan minimal 7 kursi jadi masing-masing Dapil (Daerah Pemilihan-red) minimal 1 kursi, dengan demikian kami harapkan bisa memenuhi satu fraksi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakorwil, Benyamin Kawaitouw mengatakan,  Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) merupakan salah satu dari sekian jenis rapat di dalam anggaran rumah tangga partai, yang menjadi ruang bagi untuk bisa melakukan koordinasi konsolidasi, terkait hal-hal yang dianggap urgent, baik tingkat provinsi kabupaten dan kota.(mia)