BERBAGI
KPU Yapen Siap Laksanakan Pileg dan Pilpres 2019
Ketua KPU Kabupaten Yapen, Moris C. Muabuai

SERUI – Memasuki Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden bulan April 2019 mendatang, Komisis Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yapen siap menyelanggarakan pesta rakyat lima tahunan tersebut.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua KPU Kabupaten Yapen, Moris C. Muabuai menjelaskan bahwa, sampai saat ini semua persiapan dilaksanakan, meskipun masih ada beberapa kekurangan seperti belum adanya surat suara.

“Untuk logistik tidak ada masalah karena sudah diterima langsung oleh KPU. Dari data yang didapat untuk Kotak Suara per TPS sebanyak lima buah kotak suara akan dibagikan ke 408 TPS dengan total sebanyak 2.040 Kotak Suara. Sedangkan untuk kotak suara di PPD sebanyak sebelas kotak dikalikan dengan enam belas PPD yang ada, jadi jumlah keseluruhan sebanyak 176 Kotak Suara, selain itu untuk bilik suara per TPS sebanyak dua buah yang akan disalurkan ke 408 TPS dengan total sebanyak 816 bilik suara,” jelas Moris C. Muabuai, kepada wartawan Harian WONE, Senin, (14/1).

Moris C. Muabuai mengungkapkan, KPU sendiri menyiapkan cadangan Kotak Suara. Hal itu untuk mengantisipasi  nantinya kotak suara ternyata ada yang mengalami kerusakan. “Ya ada sisa kotak suara waktu Pilgub kemarin masih ada sekitar 2000 lebih, sehingga itu kita jadikan cadangan,” ungkapnya

Ketua KPU Moris C. Muabuai menjelaskan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap DPK (daftar pemilih khusus) untuk tahap kedua. DPK sendiri merupakan masyarakat dalam hal ini mengalami gangguan jiwa, namun mereka juga berhak menyalurkan hak suaranya.  “Sekarang ditahap kedua mulai dari tanggal 6 Januari sampai 15 Maret kita akan mengecek DPK kembali sebelum dilakukan tahap yang ketiga,” jelasnya.

“Selain itu, sedang dilakukan data  DPTB (daftar pemilin tambahan berubah) yang nantinya dari hasil ini kita akan tetapkan hasil daftar pemilih tetap, namun kita belum bisa pastikan apakah akan meningkat atau menurun, jadi sementara kita masih menunggu dari DPTB.” ungkapnya.

Di singgung soal target Pemilih 2019 ini, Moris berharap adanya kenaikan dengan target 70-75 persen karena disaat Pilgub baru-baru ini mereka yang menyalurkan hak pilihnya adanya kenaikan sebesar 2 persen.

Terkait dengan warna surat suara dimana nantinya ada lima warna yang akan dicoblos, pria murah senyum ini optimis masyarakat bisa mengetahui bahwa setiap warna bedah-bedah peruntungannya seperti warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, warna biru DPRD Provinsi, warna kuning DPR-RI, warna merah DPD-RI, serta abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden.(her/pel)