BERBAGI
Inspektorat yakin 2019 Naik Level APIP
Kepala Inspektorat Kota, Ahmad Idrus saat dikonfirmasi disela-sela pelantikan pejabat fungsional

JAYAPURA – Sesuai permintaan Wali Kota Jayapura agar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) naik level, Kepala Inspektorat Kota, Ahmad Idrus, mengatakan, saat ini sudah dinilai oleh Quality Assurance (QA) dari BPKP Provinsi Papua.

“Self Assessment (SA) Pemkot sudah di level 3 dan saat ini kita masih menunggu evaluasi dari BPKP Pusat,” ungkap Ahmad Idrus saat ditemui disela-sela pelantikan pejabat fungsional Inspektorat kemaren.

Ahmad Idrus menjelaskan, kelebihan level 3 karena Kota Jayapura mempunyai editor yang siap, tugas pengawasan berjenjang dan harus mempunyai telaah sejawat. Untuk telaan sejawat ini kita diharuskan ke Pemda yang sudah level 3 dan di Provinsi Papua belum ada yang level 3.

“Fungsi telaan sejawat ini untuk melihat tugas-tugas pengawasan disini dan untuk telaan ini kita akan ke Balik Papan. Alasan kita telaan ke Balik Papan, karena disana sudah level 3,”katanya.

Untuk itu target 2019 kita bisa mencapai level 3 dan telaan sejawat ini merupakan syarat yang harus dilaksanakan oleh Pemkot Jayapura. Direncanakan tahun ini juga kita akan melakukan telaan sejawat tersebut.

“Harapan saya semua ini akan sesuai dengan rencana agar keingginan Wali Kota Jayapura bisa kita capai pada tahun 2019 ini,”harapnya.(fid/pel)