BERBAGI
Di Yapen Utara, Tanaman Kakao akan Terus Ditingkatkan
Bupati Yapen Tony Tesar saat memegang tanaman kakao siap tanam di Yapen Utara

SERUI – Tanaman Kakao salah satu tanaman pertanian cukup menjanjikan untuk peningkatan perekonomian bagi petani, oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Yapen mengapresiasi animo masyarakat di Distrik Yapen Utara yang cukup tinggi teritama menanam kakao.

Dalam kunjungan kerja di Yapen Utara, Bupati Tonny tesar bersama rombongan berkesempatan meninjau langsung pembibitan kakao siap tanam masyarakat Distrik Yapen Utara dimana hal ini sesuai dengan program Pemerintah Daerah  Yapen yaitu gerbang kaya.

“Kita akan membangun kembali sesuai dengan pengembangan gerbang kaya yaitu, gerakan pembangunan kembali kakao Yapen yang telah dicanangkan pada tahun 2015 lalu,”  ungkap Bupati Tonny Tesar saat melihat langsung pembibitan Kakao warga Yapen Utara, Sabtu, pecan lalu.

Dengan melihat secara langsung sekitar 3000 bibit kakao, oleh karena itu, Bupati Tonny Tesar mengatakan, Pemerintah Daerah Yapen melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan akan terus memantau tanaman  kakao warga Yapen Utara untuk dikembangkan.

Selain tanaman kakao, namun tanaman lainnya juga menjadi prioritas untuk dikembangkan Pemerintah Kabupaten Yapen, antara lain nenas, jeruk serta beberapa bibit lainnya.

Pemerintah Yapen Terus Bangun Inftastruktur

Untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Yapen, tegas Bupati Tonny Tesar, Pemerintah terus membangun jalan darat di daerah mulai dari utara, timur, barat yang saat ini sudah terbuka jalannya. “Jalan darat semua sudah diluar Kota ke Ansus pun sudah bisa dilalui melalui jalur darat,” jelas Bupati.

Selain itu, Bupati Tonny Tesar mengatakan, Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi salah satu Kabupaten sebagai Venue untuk perhelatan PON XX Tahun 2020 mendatang sehingga Bupati minta warga Yapen Utara untuk siap menyambut PON XX.(her/pel)