BERBAGI
Bulan Depan Jalan Ambles Dikerjakan
Jalan ambles yang berada di samping Kantor Wali Kota Jayapura

JAYAPURA – Jalan amblas terjadi di samping Kantor Wali Kota, maka Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H Rustan Saru mengatakan, pengerjaan konstruksi jalan longsor diawal bulan Februari oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura.

“Tim teknis kita telah melakukan perhitungan dengan menggunakan dua model design yakni design jangka pendek dan design jangka panjang”ungkap wawalkot Rustan saru, saat dikonfirmasi baru-baru ini.

Rustan, menjelaskan proses pekerjaan konstruksi ini akan kita lakukan dalam jangka pendek, dimana kita akan memperkuat daerah tebing dengan membuat bronjong. Tujuannya agar memperkuat turap.

“Targetnya dalam jangka pendek di perkirakan 2-3 bulan baru selesai. Selain itu kita juga akan lakukan design permanen, yaitu dengan dua konstruksi Sheet Pile secara berlapis agar permanen,”tambahnya.

Ditambahkan, untuk biaya konstruksi jalan di perkirakan di bawah 500 juta. Kami berharap dalam minggu ini tim teknis dari Dinas PU bisa membuat design tersebut.

“Pihak ke tiga di awal bulan februari mulai kerjakan kerusakan jalan amblas tersebut,”tambahnya.

Rustan mengakui jalan amblas berakibat longsor di sebabkan karena  kesalahan teknis dari bocornya drenase yang menghantam badan jalan.

Rustan pastikan setelah perbaikan jalan ini meskipun hujan jalan ini tetap stabil tidak akan longsor lagi oleh sebab pembuangan air telah di pindahkan ke tempat lain.(fid/pel)