BERBAGI
ASN harus Bebas Korupsi
Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano,MM saat melantik 12 pejabat fungsional di Inspektorat Kota Jayapura

JAYAPURA – Kantor Inspektorat sebagai lembaga pengawasan intern Pemerintah, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditempatkan di Kantor tersebut bekerja dengan jujur dan penuh dengan tanggungjawab serta harus terbebas dari korupsi.

“Saya sudah canangkan 4 wilayah tertib, yaitu tertib administrasi, tertib aturan, bebas korupsi untuk menuju WTP,” tegas Benhur Tomi Mano saat melantik pejabat fungsional di Inspektorat Kota yang berlangsung di ruang rapat Wali Kota Jayapura,” Jumat, (11/01).

Benhur mengatakan bahwa, ASN selain tidak melakukan korupsi, juga dilarang untuk menerima gratifikasi. “Gratifikasi rawan disini karena kalian yang memeriksa setiap laporan dari setiap Dinas maupun Badan,” ungkapnya.

Dikatakan, sebelum pembahasab APBD Kota, maka berkasnya diteliti terlebih dahulu oleh Inspektorat. Tujuannya agar dalam pelaksanaannya tidak berdampak pada hukum.

“Selain itu seluruh laporan keuangan harus diteliti dengan baik oleh inspektorat. Lakukan koordinasi dengan BKAD Kota terkait sistem pelaporan keuangan yang baik,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Inspektorat, Ahmad Idrus, mengatakan, sesuai dengan Inpres Nomor 10 tersebut kebutuhan pejabat fungsional sebanyak 50 orang dan itu akan kita penuhi secara bertahap.

“Saat ini kita sudah memiliki 32 editor dan jumlah ini masih kurang. Untuk menyiasati hal tersebut kita optimalkan tenaga yang ada,”paparnya.(fid/pel)