BERBAGI
Draft Inpres Baru PON Segera Disampaikan kepada Presiden
Kementerian dan Lembaga, ketika membahas Inpres baru pengganti Inpres PON Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Dukungan Penyelenggaraan PON dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua di Jakarta, belum lama ini

JAKARTA—Draft Inpres baru PON XX  sebagai pengganti  Inpres PON  Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Dukungan Penyelenggaraan PON dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua,  segera disampaikan kepada  Presiden Joko Widodo, untuk diterbitkan, agar penyiapan venue-venue penyelenggaraan even olahraga terbesar di Tanah Air ini  dapat direalisasikan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penghubung Daerah  Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta, Alexander Kapisa, Selasa (8/1).

Kapisa mengatakan, pihaknya  telah beberapa kali menggelar pertemuan dengan Kementerian/Lembaga,  untuk menindaklanjuti Surat Gubernur Papua, yang meminta agar diterbitkan Inpres baru berkaitan dengan PON XX tahun  2020.

“Inpres baru ini sangat penting untuk mempercepat penyiapan sarana dan prasaran PON yang belum dimuat dalam Inpres No 10 tahun 2017,” ungkapnya.

Dikatakannya,  beberapa Menteri, khususnya Menteri PUPR bersedia untuk membantu  pembangunan/penyiapan venue-venue yang dibutuhkan selama hal tersebut dimuat dalam Inpres, sebagaimana yang dilakukan pada saat penyiapan venue-venue Asian Games yang baru lalu.

Menurutnya,  pertemuan terakhir pada hari Jumat tanggal 28 Desember 2018  lalu juga dihadiri Asisten II Sekda Papua, Kepala Bappeda, Kepala Biro Hukum dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, telah menyelesaikan draft Inpres dimaksud untuk kemudian oleh Kemenpora sebagai pemrakarsa segera disampaikan ke Presiden sebagai usulan Inpres baru tentang PON XX.

“Sangat penting untuk memastikan bahwa Inpres baru ini dapat segera disampaikan ke Bapak Presiden untuk  diterbitkan karena pembangunan dan pengerjaan beberpa venue sangat tergantung dari inpres tersebut. Karena hal ini diminta langsung oleh Menteri PUPR kepada Bapak Gubernur  pada saat road show Gubernur di bulan  November 2018 lalu,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui  setelah road show Gubernur ke beberapa Kementerian /Lembaga pada bulan November disimpulkan untuk meminta kepada  Presiden,  agar berkenan menerbitkan Inpres baru tentang PON, karena beberapa venue yang harus segera disiapkan sampai saat ini belum dikerjakan.

Kementerian Pemuda dan Olah Raga sebagai prakarsa atas Inpres No 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Naisonal XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI tahun 2020 di Provinsi Papua telah menyiapkan draft Inpres Baru berkaitan PON XX tahu 2020 di Provinsi Papua.

Beberapa Menteri, khususnya Menteri PUPR bersedia untuk membantu pembangunan/penyiapan venue-venue yang dibutuhkan selama hal tersebut dimuat dalam Inpres, sebagaimana yang dilakukan pada saat penyiapan venue-venue Asian Games yang baru lalu. (mdc/pel)