BERBAGI
Makawaru Da Cunha/Wone  Christian  Tomy  Gobay
Makawaru Da Cunha/Wone
Christian Tomy Gobay

Bincang-bincang dengan Christian  Tomy Gobay, Polisi OAP Penghuni Pelatnas PB PASI di Jakarta

 

Ada seorang anggota Polisi OAP bertugas di Polres Pegunungan Bintang,  berpangkat Brigadir Dua kini menghuni Pelatnas PB PASI di kawasan Permata Hijau, Jakarta. Dialah Christian  Tomy  Gobay. Sejauhmana kesiapannya menuju Sea Games 2019 di Manila (Philipina)?

Laporan: MAKAWARU DA CUNHA

 Christian Tomy Gobay adalah satu-satunya atlet Orang Asli Papua (OAP)   yang disiapkan membela tim nasional merah putih di Sea Games 2019 di Manila (Philipina).

“Saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat di seluruh Papua. Saya secepatnya kembali ke Jakarta, dan ikut latihan dengan baik. Saya yakin mampu mewakili Indonesia dan meraih medali emas di Sea Games 2019 di Manila,” kata Christian Tomy  Gobay, didampangi Sekretaris PASI Provinsi Papua Amos Beroperay, ketika dijumpai di Kantor Sekretariat KONI Papua, APO, Jayapura, Rabu (9/1).

Sederetan prestasi lokal, nasional maupun internasional yang telah diukir pria lajang kelahiran Nabire 12 Mei 1999, masing-masing Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Papua di Serui pada Agustus 2018 mempersembahkan 3 medali emas untuk kontingen Kabupaten Nabire dari Nomor 100 meter, 200 meter dan estafet 4 X 100 meter.

Pria lajang yang menghuni Pelatnas PB PASI sejak tahun 2015 lalu pada keikutsertaanya di Turnamen Atletik Panglima Open di Surabaya (Jatim) 4-6 Desember 2018 Christian Tomy Gobay meraih medali perunggu.

Ia juga ikut Kejuaraan Atletik Asean Scholl Games di Bangkok (Thailand) pada Juli-Agustus 2016. Pada Nomor 200 meter meraih medali perunggu, estafet 4 X 100 perak dan an estafet 4 X 400 meter perak. Selanjutnya, ia  meraih medali perak untuk Nomor estafet 4 X 400 di Kejuaraan Atletik di  Bangkok (Thailand) tahun 2016 lalu.

Untuk keikutsertaannya di PON XX  Papua 2020, kata Christian, dirinya lebih fokus di Nomor 200 meter dan estafet 4 X 100 meter.

“Mudah-mudahan pada penyelenggaraan PON XX Papua 2020 saya bisa     membawa dan mempersembahkan medali emas  bagi tanah dan negeri saya Papua,” ujar pelari spesialis Nomor 200 meter ini sambil tersenyum.

Christian Tomy Gobay memberikan saran dan masukan mudah-mudahan ke depan anak-anak Papua diberi kesempatan untuk latihan di Pelatnas, agar Papua  bisa kembali berjaya, sebagaimana dibuktikan para atlet Papua sebelumnya, seperti Yanes Raubaba, Franklyn Burumi, John Murai dan kawan-kawan.(*)