BERBAGI

SERUI-Menindaklanjuti hasil uji kompetensi serta Perda Nomor 5 tahun 2018 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah tentang perampingan dan penggabungan organisasi perangkat daerah, maka dengan itu Bupati Yapen Tonny Tesar melakukan pengukuhan, pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup pemerintahan yang terdiri pejabat Eselon Dua sebanyak 20 orang dan Eselon Tiga sebanyak 5 orang,  bertempat di Gedung Silas Papare, Senin (7/1).

Bupati Yapen dalam sambutannya mengatakan dengan adanya perubahan struktur organisasi dan kelembagaan daerah maka dapat berdampak positif terhadap proses penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan dalam melakukan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Yapen. “Perubahan organisasi dan kelembagaan yang terimplementasikan akan benar-benar bermanfaat peruntukannya bagi pembangunan,”ujar Tonny Tesar di sela-sela kegiatan.

Bupati mengatakan, dengan penempatan aparatur yang tepat dan memiliki kemampuan dan keahlian sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban maka para pejabat yang dilantik telah memiliki kriteria kelayakan dan kepatutan dalam kelembagaan yang dipimpin.

Selaku kepala daerah, ia meminta agar para pejabat baru ini agar mewujudnyatakan mandat serta kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Yapen. “Laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya pada instansi dimana saudara ditempatkan,” harap Tonny Tesar.

Saat ditemui oleh media, Bupati Yapen mengatakan perampingan instansi ini juga untuk dapat mengakomodir keuangan yang lebih baik lagi sehingga pada akhirnya mampu menjawab berbagai permasalahan.

Tonny Tesar juga menyampaikan ada beberapa hal penting yang menjadi perintah bagi para pejabat yang baru dilantik ini untuk dilaksanakan pada tahun 2019. “Sehingga kedepannya sehingga tidak lagi terdengar berbagai keluhan masyarakat, yaitu keluhan dalam pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, keluhan kondisi jalan, jembatan dan infrastruktur sarana masyarakat, keluhan ketersediaan sembilan bahan pokok yang belum mencukupi, serta keluhan masyarakat lainnya,”harap Bupati.(her/jog)