BERBAGI

SERUI-Di Kabupaten Yapen seringkali kasus kriminal dilakukan oleh anak dibawah umur. Sehingga Polres Yapen melalui Sat Reskrim menerapkan pola pembinaan rohani kepada tahanan anak dalam penindakan.

“Ya sering terjadi dan disayangkan anak-anak yang masih di bawah umur yang melakukannya (aksi kriminal.red),”ungkap Kasat Reskrim Polres Yapen, IPTU.Hadri M.Bawilung kepada WONE di ruang kerjanya, Rabu (19/12).

Dijelaskan, proses penahanan kepada anak dibawah umur tidak hanya langsung dimasukkan dalam tahanan tetapi dilakukan pembinaan karena faktor usia yang masih muda. “Kita coba untuk bina dengan cara rohani baik itu yang nasrani maupun muslim sesuai agama mereka. Kalau yang nasrani wajib melapor hari Senin dan mengikuti sekolah minggu dan yang muslim dilakukan mengaji yang di dampingi langsung dari orang tua mereka,”ujarnya.

Ada kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh IPTU. Handri Bawilung adalah setelah melakukan pembinaan rohani kepada anak-anak tersebut adalah terdapat beberapa anak yang mengalami perubahan besar yaitu bagaimana bisa menjadi anak yang baik, entah itu kepada orang tua maupun dalam kehidupan mereka sehari-hari disaat melakukan aktifitas di luar rumah. “Ini pola baru yang kami lakukan didalam dan sangat senang adanya hasil baik yang kami terapkan kepada mereka,”kata dia.

Dari catatan hasil kriminal pada tahun 2018 mulai bulan januari hingga pertengahan bulan desember ini terdapat sekitar tiga puluhan anak di bawah umur yang melakukan tindak kriminal dan rata-rata yang di akukan adalah kasus penjambretan.

“Usia-usia mereka itu adalah usia sekolah yang sangat disayangkan jika harus berurusan dengan pihak berwajib, selama tahun 2018 ini sekita tiga puluhan kasus kriminal yang dilakukan oleh anak di bawah umur,”paparnya.

Untuk itu sebagai aparat keamanan namun sebagai orang tua ia sangat berharap kepada seluruh orang tua untuk bagaimana bisa mengajarkan untuk tidak bergaul dengan bebas apalagi melakukan hal yang sangat merugikan diri sendiri dan juga kepada keluarga.”Saya menghimbau agar mari kita bisa menjaga anak kita untuk baik agar masa-masa pertumbuhaanya ini apalagi masih sekolah bisa berjalan dengan baik guna masa depan,”harap Kasat Reskrim.(her/jog)