BERBAGI

SERUI-Memperingati hari bela negara ke 70 tahun 2018 dengan itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yapen menggelar upacara bersama yang diikuti oleh para ASN di lingkup Pemerintah Yapen, TNI/Polri, Forkompinda yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Yapen Frans Sanadi di halaman Kantor Bupati Yapen dengan mengambil tema “Ayo bela Indonesiaku, Bela Negara untuk kemakmuran rakyat”.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Wabup Yapen Frans Sanadi, dikatakan sejarah mencatat bahwa Negara Republik Indonesia bisa berdiri tegak dan berdaulat tidak lepas dari semangat bela Negara dari seluruh kekuatan rakyat.

Ditambahkan bahwa sejarah juga menunjukan bahwa membela Negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga Negara dengan kesadarannya dengan cara melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Indonesia hari ini adalah hasil semangat bela negara dari para pejuang kusuma bangsa. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik tentunya mengetahui nilai-nilai bela negara yang harus kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu dalam pidato ini Frans Sanadi menjelaskan serta mengingatkan kembali nilai-nilai bela negara,”paparnya.

Jiwa patriotosme yang tinggi bagi Indonesia, menjaga nama baik bagsa dan negara, memberikan kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara serta bangga gunakan hasil produk Indonesia.

Untuk nilai bela negara yang kedua Wakil Bupati yang sudah pimpin di periode kedua ini adalah rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta yang ketiga adalah memiliki kemampuan awal bela negara sebagai bentuk memperingati hari bela negara.

“Dimana kita berada, tugas kita adalah bela negara bukan cuma hanya dalam melakukan kontak senjata melainkan ada hal lain yang bisa kita berikan untuk negara Indonesia ini,”kata Wakil Bupati Yapen kepada Wone.

Wakil Bupati mengatakan maksud lain dari bela negara adalah bagaimana bisa memberikan kenyamanan serta keamanan masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari serta menjalankan pekerjaan kita masing-masing.(her/jog)