BERBAGI

SERUI-memasuki periode baru dalam pemerintahan kampung, maka dengan itu masyarakat di Kampung Pasir Hitam, Distrik Yapen Selatan melakukan pemilihan langsung calon kepala kampung dengan jumlahkandidat sebanyak 4 orang bertempat di balai kampung, Selasa (11/12).

Dalam pentauan WONE di lapangan kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIT ini berjalan dengan baik dan lancar, serta terlihat antusias tinggi masyarakat yang datang secara langsung guna memberikan hak suaranya kepada para calon kepala kampung untuk masa periode 2018-2024 mendatang dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 356 pemilih.

Pemilihan yang berlangsung hingga pukul  12.00 WIT sesuai dengan aturan yang berlaku, panitia juga melakukan pengantaran surat suara ke beberapa rumah masyarakat yang tidak bisa datang karena sedang sakit. Dari beberapa rumah yang didatangi langsung terdapat tujuh warga yang melakukan pencoblosan di rumah dengan pengawalan dari aparat keamanan.

Dari hasil pemilihan secara langsung ini surat suara yang disiapkan oleh panitia berjumlah 356 sesuai dengan jumlah pemilih, dan kandidat nomor urut 1 atas nama Marten Luther Worumi mengungguli tiga calon kandidat lainnya dengan memperoleh 108 suara, untuk jumlah suara kedua di peroleh oleh Eduward Wanenda dengan jumlah suara 98, urut ketiga Angel B.Bonai dengan jumlah 77 suara, dan perolehan suara ke empat oleh Melkiana Sosana Worumi dengan perolehan suara sebanyak 40 suara.

Saat dimintai tanggapan dari beberapa warga masyarakat yang menyaksikan mulai dari proses perhitungan sampai penetapan, semuanya dengan sepakat bisa menerima hasil pemilihan. “Kita tetap terima karena ini bukan kemenangan perorangan tapi ini kemenangan untuk kampung kita bersama,”ungkap John, salah satu masyarakat kepada WONE.

Setelah melakukan penetapan kepada kandidat peraih suara terbanyak, panitia langsung menyiapkan berbagai berkas untuk melakukan tahapan berikutnya yaitu menyiapkan laporan kepada pemerintah daerah setempat. Untuk di ketahui dari total jumlah surat suara yang di siapkan maka yang sah surat suara berjumlah 323 surat suara, surat suara tidak sah sebanyak 4 surat suara, dan surat suara yang tidak digunakan sebanyak 52 surat suara.(her/jog)