BERBAGI

SERUI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yapen terus berupaya meningkatkan berbagai pertumbuhan di seluruh kampung/desa sesuai dengan program Pemerintah RI yaitu untuk mewujudkan agenda nawa cita.

Maka dengan itu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Yapen melakukan rapat koordinasi (RAKOR) tim inovasi kampung (TIK) dan sosialisasi program inovasi desa (PID) yang di buka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Yapen Alexander Nussy di salah satu hotel di Serui, Selasa (11/12).

“Program inovasi desa sendiri hadir dalam upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa,”kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Titing Pasodung.

Dikatakan, pembangunan berkelanjutan masyarakat kampung sangat diharapkan untuk bagaimana bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang lebih baik lagi kedepannya dengan cara mengembangkan inovasi potensi di setiap kampung. “Sangat perlu menjaga kualitas lingkungan hidup masyarakat untuk bagaimana bisa lebih berkembang dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat,”ucapnya.

Ditambahkan dalam tiga tahun berjalannya undang-undang desa tapi masih membutuhkan pendampingan dan pemahaman yang sama baik itu dalam internal baik itu dari dinas instansi terkait, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah setempat dalam pembangunan desa. “Disadari betul masih banyak kekurangan yang ada selama ini dalam melakukan pendampingan desa/kampung,”ungkapnya.

Pelaksanaan program inovasi desa, diharapkan mampu menstimulir munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif di desa dan antar desa. “Hadirnya PID Merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyususun penggunaan dana desa sebagai investasi untuk meningkatkan produktifitas dalam kesejahteraan masyarakat,”paparnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Yapen, Alexander Nussy, bahwa merupakan langkah awal yang baik dilakukan dalam pengembangan sebuah kampung tentunya harus bisa mengetahui ide-ide potensi yang ada di kampung.”Kalau kita bisa mengetahui apa potensi dan kekurangan, maka kita bisa menciptakan inovasi kedepannya,”ujar Sekda Alexander Nussy.

Dikatakan pula apa yang dilakukan merupakan hal mudah tapi inilah yang harus kita ketahui terlebih dahulu untuk bisa memajukan kampung karena inovasi ini bukan cuma dari sisi ekonomi tapi dari sisi lainnya. Dengan itu Sekda meminta agar semua masyarakat di setiap kampung untuk bisa saling membantu kepala kampung dalam program kerjanya.(her/jog)