BERBAGI

SERUI-Dinas Pertanian Kabupaten Yapen menyebar bibit jagung dan kedelai kepada pada petani di. Distrik Angkaisera, Selasa (13/11). Plt.Dinas Pertanian, Iriani Sanda Mudumi, yang menghadiri secara langsung penanaman bibit tersebut sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah membuka lahan untuk ditanami jagung dan kedelai.

“Komoditi kedelai dan jagung kita sering datangkan dari luar, dengan adanya petani yang bersedia menanam kedelai dan jagung maka ini merupakan investasi yang besar bagi daerah ini terutama bagi para petani itu sendiri,”ucapnya.

Dijelaskannya, penyebaran bibit ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk bagaimana membantu masyarakat khususnya petani untuk memanfaatkan lahan kebun untuk menghasilkan tanaman yang bernilai ekonomis dan dapat menjadi sumber penghasilan.

“Sudah ada petani yang bekerja swadaya dalam berkebun kedelai kacang dan jagung itu merupakan kebanggaan sendiri bagi kita yang bisa membantu dalam hal memberikan bibit dalam olahan lahan yang cukup besar ini,”katanya.

Disamping itu, dinas bukan hanya membantu bibit tetapi juga penanggulangan hama yang menyerang tanaman dan akan diberikan bantuan obat hama. “Khusus di Yapen dan Waropen untuk hama penyakit kita masih bisa atasi dengan cara manual,”paparnya.

Sedangkan untuk pengelolaan lahan ini dilakukan dalam bentuk kelompok, sehingga tidak hanya satu orang saja yang menggarap lahan tersebut dan diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal. (her/jog)