BERBAGI

SERUI-Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wahyu Satrio Utomo, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (8/11), dalam rangka meninjau kesiapan Bandara dan Dermaga Serui berkaitan dengan pelaksanaan PON ke-XX tahun 2020 di Papua.

Adapun rombongan yang datang secara langsung di Kepulauan Yapen, yaitu Inspektur IV Itjen Perhubungan, Inspektur V Perhubungan, Staf Itjen Perhubungan, dan Staf IR Perhubungan, yang disambut Wakil Bupati Yapen, Frans Sanadi.

Dalam pertemuan singkat sebelum melakukan pemantauan, Wakil Bupati Frans Sanadi, menjelaskan Kabupaten Yapen merupakan wilayah yang dikelilingi oleh lautan dan memiliki kendala dalam transportasi. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah pusat untuk memberikan perhatian terkait dengan kebutuhan akan transportasi yang memadai di wilayah itu.

“Transportasi jalan darat sangat perlu dibangun dalam memperlancar berbagai kegiatan masyarakat, kita saat ini sedang melakukan pembangunan Jalan Trans Yapen agar bisa menghubungkan distrik satu ke distrik lainnya,”ucapnya.

Selain itu, pada transportasi laut untuk itu saat ini sedang dilakukan pembangunan serta perehapan dermaga sehingga perekonomian masyarakat dapat berkembang kedepannya. Pria yang berkacamata dalam kesempatan ini juga menjelaskan kepada para rombongan dari Kementerian Perhubungan RI kalau bandara yang dikenal dengan nama Bandara Kamanap mempunyai panjang landasan hanyak sekitar 1.600 meter yang hanya dapat didarati pesawat berbadan kecil.

“Untuk itu sebagai pemerintah daerah setempat, kami mengharapkan dengan peninjauan secara langsung ini nantinya dari Kemenhub RI membangun bandara lagi agar kapasitas panjang bandara lebih panjang sehingga bisa diterbangi pesawat berbadan besar,”paparnya.

Sementara itu, Irjen Kemenhub RI, Wahyu Satrio Utomo mengatakan kunjungan kerja ini merupakan perintah langsung dari Menteri Perhubungan RI ini untuk melihat dan mengetahui permasalahan di bandara dan dermaga Serui. “Mudah-mudahan kami dapat membantu kapal untuk melayani pelayaran sampai ke kampung-kampung karena saat ini kami memiliki 100 kapal yang akan kami salurkan ke daerah-daerah,”kata Irjen Kementerian Perhubungan.

Saat dijumpai oleh media, ia sangat merespon baik apa yang diminta oleh Wakil Bupati Yapen dan akan menyampaikan secara langsung kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. “Intinya bapak Menteri Perhubungan sangat peduli akan pembangunan infrastruktur transportasi darat maupun laut terutama di kawasan printis dan tentang perkembangan bandara akan mendapatkan perhatian tinggi,”ujar Irjen Kemenhub RI kepada media.

Ditambahkan juga pada PON XX tahun 2020 mendatang, Papua akan menjadi tuan rumah dan ada beberapa cabang olahraga yang akan pelaksanaanya di lakukan di Kabupaten Yapen. Maka dengan itu sangat dibutuhkan fasilitas pendukung seperti bandara, pelabuhan laut dan juga jalan yang cukup memadai.

Setelah melakukan pemantauan di dalam area bandara, para rombongan Kementerian Perhubungan dan para rombongan dari daerah setempat melanjut melakukan kunjungan langsung ke Dermaga Ferry dan dermaga Pelabuhan Serui.(her/jog)