BERBAGI

SERUI– Bertempat di Balai Kampung Turu, BkkbN Kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan pertemuan lokakarya mini sosialisasi Kampung KB, Jumat (9/11).  Kegiatan yang diikuti puluhan peserta yang sebagian besar adalh ibu rumah tangga (IRT), dipaparkan materi dalam melakukan kehidupan sehari-hari baik itu dalam rumah tangga maupun di lingkungan tinggal setempat.

Kepala Bidang Penyuluhan dan Perggerakan Pengendalian Penduduk, Yohana Pareta, mengaku jumlah peserta yang hadir melebihi dari apa yang ditargetkan. “Kami sangat senang karena respon yang sangat baik dari para IRT ini untuk bagaimana bisa mendapatkan pemahaman dalam rumah tangga. Materi yang diberikan dari narasumber ini sangat bermanfaat bagi kita semua,”ujarnya.

Dalam kegiatan yang berlokasi tepat di pinggiran Pantai Turu itu, turut direncanakan bagaimana para kader PKK setempat bisa menciptakan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi. Ia juga mengatakan Kampung Turu sudah ditetapkan menjadi kampung keluarga berencana (KB), untuk itu kehadiran mereka adalah untuk membina kader-kader yang ada baik itu Kader yang ada di PKK maupun kader Posyandu.

“Kegiatan sekaligus memperkenalkan konsep kampung KB kepada masyarakat dan juga kegiatan tribina untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi orang tua serta kelompok yang ada di dalam keluarga dalam melakukan pembinaan tumbuh kembang baik dari usia anak sampai dewasa nantinya,”tuturnya.

Ia berharap seluruh penyajian materi dapat diserap dengan baik dan dipahami oleh peserta sehingga ketika kembali ke rumah dan di lingkungan tempat tinggalnya maka dapat mensosialisasikan tentang materi yang didapatkan.

Dijelaskan sudah ada sepuluh kampung yang telah ditetapkan menjadi kampung KB yang ada di Yapen Selatan, Distrik Yawakukat, Distrik Angkaisera dan Distrik Kosiwo. “Ya saat ini kami jalan dari kampung ke kampung untuk mensosialisasikan kegiatan seperti ini,”ucapnya.

Pembentukan suatu kampung KB sendiri mempunyai tujuan umum yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung yang setara melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.(her/jog)