BERBAGI

SERUI-Salah satu bentuk kepedulian akan budaya dari para komunitas “Karpet” (kreatif Arui Project Team) yang digalang pemuda yang ada di Yapen, maka diselenggarakan sebuah kegiatan yang dinamakan Arui Culture Festival I yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, bertempat di Gedung KNPI Serui, Kamis (8/11)

Acara yang diikuti Delapan stand terdiri dari berbagai kelompok usaha lokal di Yapen tersebut, secara resmi dibuka oleh Dandim 1709/YAWA Letkol Arh Pulung Patria Daga. Dalam sambutan, Dandim 1709/YAWA menyampaikan rasa bangga kepada pemuda yang punya semangat dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Acara ini sangat baik dilakukan. Semakin sering dilaksanakan maka semakim bagus jangan hanya kali ini saja,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, selaku anak bangsa agar kita lebih cinta produksi barang-barang Indonesia daripada barang luar negeri khususnya barang lokal daerah kita sendiri. “Hasil alam kita di papua tu sangat banyak baik itu dari hasil dalam bumi maupun hasil alam lainnya,”jelasnya.

Dandim sangat berharap kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik guna memperkenalkan hasil usaha lokal di Kabupaten Yapen. “Kita harus bangga dengan Yapen karena saat ini kopi kita yang dikenal dengan Kopi Ambaidiru sudah terkenal ke luar Papua bahkan pernah menjuarai salah satu lomba di Jakarta,”tuturnya.

Ketua Kreatif Arui Project Team, Billy Weno, mengatakan kegiatan tersebut merupakan inovasi dan wujud kreativitas kelompok anak muda di Serui yang bertujuan untuk semata-mata memperkenalkan budaya lokal sekaligus menjadi referensi bagi generasi muda yang ada di Yapen.” Dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada maka menjadi peluang bisnis yang besar untuk masa yang akan datang,”paparnya.

Acara yang juga diisi Komunitas Papua Hei ini, juga diramaikan bazar aneka kuliner lokal Kepulauan Yapen, pertunjukan tarian adat, pertunjukan musik daerah, galeri seni ukir dan seni rajutan khas Kepulauan Yapen.

Salah satu sponsor kegiatan tersebut, Edwar Norman Banua, berujar bahwa menjadi harapan besar agar acara ini bisa bisa bermanfaat guna memperkenalkan budaya lokal Kepulauan Yapen.

“Banyak yang kami tampilkan dalam festival ini baik itu makanan khas lokal sampai dengan hasil ukiran. Kami juga mohon dukungan dari semua pihak dalam mensukseskan acara yang berharga ini,”tandasnya.(her/jog)