BERBAGI

SERUI-Sebanyak sepuluh tim penari di lingkungan SMAN 1 Serui mengikuti lomba Tari Yosim Pancar (Yospan) dalam rangka menyambut HUT  Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober mendatang, dalam kegiatan yang dihelat di halaman sekolah, Selasa (23/10).

Rina Pulungan selaku bagian Kesiswaaan mengatakan lomba ini selain memperingati HUT Sumpah Pemuda tapi juga sebagai bentuk menjaga serta melestarikan budaya Papua dalam hal seni tari. “Kegiatan ini untuk menimbulkan semangat para anak-anak generasi muda dan juga bagaimana memupuk kebersamaan dan kekompakan mereka,” ucap Rina.

Ia menambahkan selain lomba Yospan, pihak sekolah juga mengadakan lomba baca puisi, pancoran bola, permadani terbang, debat bahasa indonesia dan debat bahasa inggris. Dalam permadani terbang di jelaskan banyak karakter yang di lakukan oleh peserta nantinya antara lain bagaimana menciptakan karakter yang sabar.

“Banyak yang didapat dalam lomba lomba permadani terbang, menciptakan karakter, pengendalian diri, sabar dan beberapa hal lainnya untuk bagaimana anak-anak bisa tenang dan lebih dewasa, itu semua bertemakan sumpah pemuda,”tuturnya.

Sebagai guru sekaligus orang tua di sekolah ia sangat berharap junjung tinggi sportifitas, dan tingkatkan rasa nasionaliame yang kuat. “Saya berpesan kepada seluruh pemuda yang ada di Indonesia khususnya pemuda yang ada di Papua untuk harus tetap semangat dan mari kita sama-sama membangun tanah Papua ini yang lebih baik lagi,”harapnya.(her/jog)