BERBAGI

SERUI-Dalam era desentralisasi dan pelaksanaan kebijakan otonomi daerah, peran pemerintah daerah sangat penting dan menentukan dalam pencapaian tujuan masyarakat dengan cara memberdayakan, menghimpun dan mengoptimalkan potensi daerah untuk kepentingan daerah serta prioritas Nasional dalam mencapai Indonesia sehat 2022 dan khusus Papua sehat.

Hal ini sebagaimana terungkap dalam sambutan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, ketika membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Yapen tahun 2018 untuk melakukan evaluasi kerja dan membahas rencana kerja 2019 di salah satu hotel di Serui, Senin (29/10).

“Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang mendasar dimana pemerintah harus memastikan bahwa setiap warga negara berhak memperoleh jaminan kesehatan selayak mungkin,”ucap Frans Sanadi.

Lanjut Wakil Bupati Frans, kesehatan adalah modal dasar bagi manusia dan merupakan pondasi utama untuk mencapai tujuan pembangunan pada berbagai bidang. Maka dengan itu Pemerintah harus memberikan perhatian yang sangat serius pada sektor Kesehatan terutama dalam mewujudkan akses dan mutu pelayanan Kesehatan yang optimal.

Diakhir sambutan Frans Sanadi menyampaikan tiga hal pokok dalam Rakerkesda ini, pertama Frans mengharapkan dapat menghasilkan rumusan yang mampu mendorong peningkatan derajat kesehatan.

Yang kedua, seluruh sektor yang terkait dalam hal ini Pemerintah Daerah setempat,BUMN, BUMD , pihak swasta, Pemerintah Kampung dan Distrik harus berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan. Dan yang ketiga, jajaran di Dinas Kesehatan yapen dapat meningkatkan kreatifitas, inovasi, sinergisitas, koordinasi, disiplin dan kinerja yang baik.

Saat di temui oleh media Kepala Dinas Kesehatan Yapen, Efraim Osok, sangat berharap dengan kegiatan ini dapat dilakukan evaluasi kegiatan atau program kerja selama tahun 2018 yang telah dilaksanakan supaya diketahui dimana kelemahan-kelemahan dan kekurangan dari program yang telah dilaksanakan. “Dari hasil yang didapatkan kita akan rencanakan untuk program di tahun 2019 mendatang untuk diadakan penguatan sehingga nanti dalam pelayanan program tahun 2019 jauh lebih baik lagi,”tukasnya.(her/jog)