BERBAGI

SERUI-Memperingati Hari Sumpah Pemuda, dilaksanakan upacara bendera di Lapangan Sapta Marga Kodim 1709/YAWA yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, Selasa (30/10).

“Para pemuda yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang tahun 1945 serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa merupakan hal penting yang dimiliki oleh pemuda Indonesia sebagai harapan bangsa,”ujar Bupati saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga dalam upacara.

Bupati Tonny Tesar meminta agar  para pemuda harus jadi pelopor untuk Bangsa Indonesia khususnya untuk Kabupaten Yapen yang dikenal sebagai kabupaten para pejuang. “Jadilah pemuda yang tegar dan harus banggakan Bangsa Indonesia dan bisa menjadi pemimpin di daerah kita,”tuturnya.

Dijelaskan, perkembangan teknologi informasi di era sekarang dan yang akan datang diibaratkan dua mata pisau yang harus kita hadapi. Disatu sisi dapat memberikan jaminan informasi sehingga memungkinkan para pemuda dapat meningkatkan kualitas pengetahuan perkembangan sumber daya serta daya saing.

Namun, disisi lain mempunyai dampak yang negatif seperti memberikan informasi yang bersifat destruktif seperti hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme.

“Apabila kaum pemuda muda tidak dapat membendung dengan baik ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara maka akan dapat menghancurkan para generasi muda yang ada saat ini,”tuturnya.

Revolusi mental yang telah di canangkan oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo sudah sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju dengan ciri pemuda yang  berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing yang positif. Maka dengan itu sebagai pemimpin di daerah sangat melihat akan revolusi mental pemuda.

“Revolusi mental dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju, itu berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,”tegasnya.

Dalam upacara yang dimundurkan satu hari dari waktu yang ditentukan, dihadiri juga oleh para pimpinan OPD di lingkungan kerja Kabupaten Yapen, perwakilan dari BUMN, BUMD, para anggota KNPI Yapen, FKPPI, anak sekolah, anggota pramuka, serta para tamu undangan lainnya.(her/jog)