BERBAGI

SERUI-Kapolres Kepulauan Yapen AKBP. Penri Erison beserta rombongan menyempatkan diri dari tugas yang begitu padat untuk menyambangi masyarakat di kawasan Yapen Barat tepatnya di Distrik Ansus, melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua jenis trail, Sabtu (29/9).

Perjalanan panjang dengan memakan waktu tempuh selama 3,5 jam ini begitu menantang dan penuh adrenalin karena melintasi medan menanjak serta berkerikil dan berlumpur hingga melewati sejumlah sungai kecil yang berarus.

Setibanya di Distrik Ansus, Kapolres berserta rombongan mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat yang bersuka cita dalam tarian adat ketika menerima kunjungan dari orang nomor satu di Polres Kepulauan Yapen tersebut. Kapolres AKBP Penri Erison kemudian dibawa mengikuti prosesi adat istiadat setempat yakni tradisi “Injak Piring” sebagai tanda penghormatan dari warga kepada tamu khusus yang datang.

“Saya bangga sekali bisa berjumpa dengan Bapak Kapolres yang sudah jauh-jauh datang menggunakan motor melalui jalan darat untuk mengunjungi kita,”ungkap Alex Kaiwai, salah satu tokoh masyarakat Distrik Ansus  saat ditemu di Pasar Tradisional Ansus.

Selain melakukan tatap muka dengan warga, pimpinan Kepolisian di wilayah hukum Yapen ini juga melakukan kunjungan ke Polsek Ansus yang berada di atas gunung. Dengan menggunakan perahu motor milik warga setempat, Kapolres kemudian berhasil sampai di Polsek Ansus yang bisa dijangkau melelaui jalur laut.

Iptu Yakob Bowaire selaku Kapolsek Ansus beserta jajarannya langsung menjemput Kapolres Yapen yang baru partama kali ini datang ke wilayah tersebut. kedatangan ini juga sekaligus melihat kondisi dan tugas yang di lakukan oleh para Polisi untuk melakukan pengamanan di masyarakat dan melaksanakan Kamtibmas.

Kapolres Yapen, AKBP. Penri Erison dalam kesempatan itu menyampaikan rasa bangga dan terharu mendapat sambutan yang begitu luar biasa dari masyarakat di Distrik Ansus. “Saya tidak menyangka disambut dengan meriah apalagi dalam prosesi adat seperti ini. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan Kapolsek Ansus yang sudah menyambut kami,”ungkapnya.

Dalam kunjungan itu, Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar suasana aman dan nyaman serta damai tetap dijaga dan dipelihara. “Masyarakat menginginkan agar tetap aman dan situasi tetap kondusif di masyarakat. Untuk itu saya berpesan agar jangan melakukan hal-hal yang akan berujung pada terjadinya keributan atau hal-hal yang tidak diinginkan di tengah-tengah masyarakat,”imbaunya.

Kapolres Yapen tidak henti-hentinya memberikan arahan terkait dengan akan dilakukannya Pemilu Pilleg dan Pilpres di tahun 2019 mendatang. “Dalam kesempatan ini saya meminta agar mari kita sama-sama bisa memeriahkan pesta demokrasi ini dengan hal yang positif dan jangan terpengaruh dengan oknum-oknum yang akan mengacaukan keadaan,”imbuhnya.

Setelah selesai bertatap muka dengan masyarakat dan mengunjungi Polsek Ansus, Kapolres beserta rombongan kemudian ikut makan bersama seluruh masyarakat sebelum kembali ke Serui. (her/jog)