BERBAGI
Harga Satuan Disetiap OPD tidak Boleh Berbeda
Foto Dok : Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru, MM saat meninjau pembangunan proyek di Distrik Muara Tami

JAYAPURA – Wali Kota Jayapura Ir. Rustan Saru, MM mengungkapkan, ada salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Jayapura terdiri dari beberapa bidang, namun yang menjadi masalah setiap bidang, harga satuannya berbeda.

“Kenapa bisa terjadi dalam satu OPD, namun dalam penentuan harga satuan bisa berbeda-beda. Padahal pekerjaan juga sama,” ungkap Rustan Saru bertanya saat dikonfirmasi Wartawan baru-baru ini.

Untuk itu, Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru minta kepada Kepala Dinas untuk mengecek dimasing-masing bidang agar hal seperti ini tidak terjadi lagi, karena ini tidak sesuai dengan aturan.

“Saya temukan ada dua Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura pekerjaan tidak sesuai dengan aturan. Periksa baik-baik jika diusulkan oleh Konsultan, dan semua harus mengacu pada harga kotor yang ditetapkan oleh Bappeda,” jelasnya.

Kata Rustan Saru, jangan sampai selisih harga satuan dibuat, akibatnya uang kurang menyebabkan ada pekerjaan yang ditunda. “Contohnya pada pembangunan sekolah ada saya jumpai dinding dan besi pengaman tidak bisa dikerjakan karena uang kurang. Ini bisa terjadi karena kita hanya terima dari Konsultan dan tidak mau koreksi,” terangnya.

Ole karena itu, lanjutnya, kedepan jangan hanya asal terima dokumen nilai dari Kunsultan Perencanaan dan pengawasan begitu saja, namun harus diteliti dan koreksi terlebih dahulu laporan yang diberikan kepada para pengguna anggaran.(fid/pel)