BERBAGI
Bupati dan Wakil Bupati Puncak dan Mamteng Segerah Dilantik
Sekda Papua TEA Hery Dosinaen

 

JAYAPURAGubernur Papua Lukas Enembe mengagendakan akan melantik pasangan Bupati dan Wakil  Bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 di Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Dok II, Jayapura, Senin (24/9) mendatang.

Adapun Bupati dan Wakil  Bupati terpilih  periode 2018-2023 yang akan dilantik Gubernur Papua Lukas Enembe, yakni, Bupati Kabupaten Puncak, Willem  Wandik – Pelinus Balinal dan Bupati – Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak.

Sekda Papua TEA Hery Dosinaen saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin  Senin (17/9) menjelaskan, Mendagri telah menerbitkan   SK  pelantikan Bupati dan Wakil  Bupati terpilih  Kabupaten Puncak dan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Mamteng.

“Kami sedang mempersiapkan proses pelantikannya, sekaligus mengirim undangan kepada Forkompimda Kabupaten Puncak dan Mamteng maupun Forkompimda Provinsi Papua,” katanya.

 Mimika dan Paniai Dijadwalkan Ulang

Sementara itu,  pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Mimika dan Paniai, terang  Sekda, dijadwalkan ulang, karena  proses gugatan baru selesai di Mahkamah Konstitusi (MK).

“MK sudah putuskan sengketa dua Kabupaten itu, kami akan  proses berkas usulan pelantikan ke Presiden melalui Mendagri, setelah ada usulan dari Pemkab Mimika dan Paniai,”  tutur Sekda.

Dikataknnya, Majelis Hakim MK memutuskan menolak gugatan yang diajukan 5  Paslon  pada Pilkada Kabupaten Mimika.

Dengan demikian, Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OMTOB) sah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mimika periode 2018-2023.

KPU Paniai akhirnya memenangkan  gugatan hukum Paslon Hengky Kayame-Yekeskiel Teneuyo, setelah MK menolak hasil putusan KPU Paniai, yang menetapkan Paslon Meky Nawipa-Oktovianus Gobay sebagai pemenang Pilkada Paniai.

Sekedar diketahui, pada Pilkada Paniai 25 Juli 2018 lalu, Paslon Hengky Kayame -Yekeskiel Teneuyo memperoleh 29.761 suara. Sementara Paslon Meky Nawipa -Oktovianus Gobay  meraih 71.072 suara atau selisih 41.311 suara. (mdc/pel)