BERBAGI
Potensi Wisata harus Dikembangkan
Wakil Wali Kota Ir Rustan Saru saat diwawancarai Wartawan di Kantor Wali Kota Jayapura

JAYAPURA – Wakil Wali Kota Jayapura Ir Rustan Saru MM, minta Dinas Pariwisata Kota Jayapura untuk terus meningkatkan dan melengkapi fasilitas potensi wisata yang ada di Kota Jayapura.

“Dengan peningkatan ini, maka jumlah Wisman akan meningkat juga baik itu perminggu, perbulan maupun pertahun,” ungkap Rustan Saru saat dikonfirmasi Wartawan di Kantor Balai Kota, Senin, (17/9).

Rustan mengatakan, suatu potensi Wisata akan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang utama adalah aman. Meskipun banyak potensi yang menjanjikan, jika lokasi tersebut tidak aman, maka tidak mungkin dikunjungi oleh para pelancong baik wisatawan mancan negara (Wisman) maupun wisatana dalam negeri itu sendiri.

Untuk itu, Rustan Saru mengungkapkan, peran serta masyarakat adat sangat dibutuhkan dimana merekalah yang mempunyai potensi tersebut, sehingga disini diperlukan kerjasama antara lintas sektor dalam memajukan potensi yang kita miliki.

“Tentu dengan majunya suatu daerah dalam bidang Pariwisata, maka daerah tersebut akan menerima manfaatnya berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD), selain itu masyarakat disekitar daerah tempat Wisata juga akan merasakan langsung maanfaatnya terutama mereka yang berjualan berbagai macam seperti souvenir,” jelasnya.

Kata Wakil Wali Kota Rustan Saru bahwa, kita tau bersama bahwa Kota Jayapura tidak memiliki SDA yang melimpah seperti daerah Mimika, sehingga kita sangat tergantung pada sektor jasa dan perdagangan.

“Kita sangat mengharapkan dunia perhotelan dan travel-travel bisa berperan dalam mempromosikan potensi wisata yang kita miliki,” harapnya.(fid/pel)