BERBAGI
Dekranasda Kota Jayapura Dikukuhkan
Ketua Dekranasda Kota Jayapura Christine Mano saat mengukuhkan pengurus Dekranasda Kota Jayapura berlangsung di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura

JAYAPURA – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jayapura dikukuhkan. Pengukuhan pengurus setelah keputusan hasil Musyawarah yang telah diselenggarakan oleh pengurus Dekranasda Kota Jayapura.

Pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jayapura masa bhakti 2017-2022  oleh Ketua Dekranasda, Christine Mano berlangsung di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota, Jumat, (14/9/18).

Pengukuhan sejumlah penggurus di lingkungan Dekranasda  Kota Jayapura ditandatangani oleh Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM juga sebagai pembina.

Sambutan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, kerajinan di Papua khususnya Kota Jayapura dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas berbasis kearifan local.

“Kearifan lokal ini penting, sehingga mulai sekarang Dekranasda Kota Jayapura, kedepan, harus mempunyai  program kerja untuk meningkatkan Dekranasda itu sendiri,” jelas BTM.

Menurtunya, ada tiga point penting untuk dilaksanakan Dekranasda yakni, melakukan pembinaan kepada para pengrajin seni dan budaya, meningkatkan kreativitas kerja dan pemasaran.

BTM mengharapkan di tahun 2019  mendatang, Dekranasda akan di masukan dalam penganggaran Daerah Kota Jayapura.

Oleh sebab kata BTM, syaratnya harus memiliki gedung sendiri untuk menampung kerajinan usaha kecil menengah yang di tangani oleh Disperindagkop.

Sedangkan untik kedepan menuju PON XX Tahun 2020 pengrajin dapat memaparkan produk-produk unggulan mereka dari buah tangan serta dapat meningkatkan ekonomi keluarganya.

Sementara itu, Christine Mano mengharapkan dapat menampung para pengrajin yang ada di Kota dan menjadi binaan Dekranasda Kota Jayaputa itu sediri.

Christine Mano menjelaskan, peran Dekranasda Kota Jayapura guna mewujudkan masyarakat pengrajin yang sejahtera dan memiliki produk yang berdaya saing lokal dan global.(fid/pel)