BERBAGI
Sidak Puskesmas Imbi, Ini Temuan Wakil Wali Kota
Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru, MM didampingi sejjmlah pejabat saat melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Puskemas Kelurahan Imbi

JAYAPURA – Wakil Wali Kota Jayapura Ir. Rustan Saru, MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek sistem pelayanan di Puskesmas Imbi, Distrik Jayapura Utara.

Disela-sela melihat secara langsung pelayanan di Puskemas Imbi, Kamis, (6/9), Rustan Saru mengatakan, sidak ini sesuai dengan instruksi Wali Kota Jayapura, agar mempercepat proses akreditasi Puskesmas di Tahun 2019.

“Sampai sejauh ini perkembangan pelayanan Puskesmas di Kelurahan Imbi menemukan belum memenuhi Standar Operasional (SOP) yang telah ditetapkan,” katanya.

Ia menjelaskan, standar operasional yang dimaksud yakni, belum terlihat adanya disiplin petugas dan belum ada standar dalam pelayanan.

Bukan hanya itu, sistem administrasi dan tata kelola kebersihan, atribut, spanduk serta pelayanan kepada masyarakat, bahkan strukturnya belum tertata dengan baik.

“Jadi hal ini harus dipahami oleh Kepala puskesmas bahwa dalam akreditasi adalah peningkatan mutu layanan, sehingga semua ini harus dirubah,”tambahnya.

Selanjutnya bagi Kapus yang tidak mendukung perbaikan layanan maka akan diberikan sanksi teguran pertama dan saya meminta kepada dinas untuk terus membina puskesmas ini.

Selain itu bagi petugas medis agar dalam memberikan pelayanan harus sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, sebab inti dalam pelayanan adalah tidak membedakan orang yang satu dengan orang yang lain.(fid/pel)