BERBAGI
Wakil Wali Kota Apresiasi KPK Enggros
Wakil Wali Kota Ir. Rustan Saru, MM saat memberikan penjelasan kepada aparat kampung

Wakil Wali Kota Apresiasi KPK Enggros

JAYAPURA – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H. Rustan Saru, MM memberikan apresiasi kepada Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Enggros dan aparatnya mampu mengelola administrasi Kampung dengan dengan baik dan tertib.

“Dana dikuncurkan oleh Pemerintah sangat besar sehingga perlu penataan administrasi dan pengelolaan keuangan secara baik,” kata Rustan Saru saat dikonfirmasi disela-sela sidak di Kampung Enggros, Kamis, (6/9).

Selain mengelola dengan baik, menurut Rustan, mereka juga menata Kantor dengan rapi dan aktivitas pegawai di kantor pun terlihat dengan baik, namun hanya ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti  data kependudukan di Kantor Pemerintahan juga harus di pampang.

“Untuk itu standar Pelayanan Kampung (SPM) Kampung Enggros juga  harus dibuat agar mempermudah proses pelayanan Kepala Kampung kepada masyarakat,” katanya.

Dari sisi pengelolaan  dana Kampung,  Rustan mengakui untuk Kampung Enggros, sudah berjalan dengan baik dan semua program tahap awal sesuai dana yang turun 20 % juga berjalan dengan baik.

“Selain itu saya  menyoroti sistem keuangan kampung, karena belum tertib dalam pengelolaan keuangan kampung, karena bendahara belum diberikan bimbingan dan pelatihan dan sistim layanan,” tambahnya.

Kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung untuk segera mengumpulkan seluruh bendahara pemerintahan Kampung di 14  Kampung untuk diberikan pelatihan sistem manajemen pengelolaan keuangan kampung agar semuah pertanggungjawaban dana  kampung bisa dilakukan secara online system.(fid/pel)