BERBAGI

Langkah Awal Irjen Martuani Sormin sebagai Kapolda Papua

JAYAPURA-Inspektur Jenderal Martuani Sormin resmi memimpin Kepolisian Daerah Papua menggantikan Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, yang dipromosikan sebagai Wakil Kepala Lemdiklat Polri.  Kepemimpinan ini mulai berjalan dengan ditandai penyerahan Pataka Polda Papua di lapangan apel Markas Polda Papua, Kamis (23/8).

Sudah menjadi tradisi sebagai pejabat baru, Irjen Pol Martuani Sormin disambut secara kedinasan Polri ketika memasuki Mapolda Papua. Penyambutan dipimpin Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki disambung pengalungan bunga oleh Irjen Pol Boy Rafli Amar bersama istri.

Mengawali tugas sebagai Kapolda, Irjen Martuani Sormin akan memprioritaskan tiga agenda penting di Papua. Dari tiga agenda tersebut, pria yang pernah menjabat Kapolda Papua Barat ini akan mengutamakan pelantikan Gubernur Papua Terpilih serta persiapan pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Ada tiga agenda penting diawal tugas saya, yakni pengamanan pelantikan Gubernur Terpilih dan persiapan Pilpres maupun Pileg 2019. Namun perayaan Natal dan Tahun Baru tetap akan menjadi perhatian kami,” tuturnya kepada wartawan usai melepas Irjen Pol Boy Rafli Amar di halaman Mapolda Papua.

Mengenai penanganan gangguan keamanan, menurut pria berdarah Batak ini, sudah menjadi tugas rutin Satuan Tugas di kewilayahan. “Itu bukan hal utama, tapi yang menjadi prioritas adalah pelantikan Gubernur Terpilih hingga Pesta Demokrasi 2019 mendatang,” tegasnya lagi.

Ia pun memaparkan pola penanganan Kelompok Krminal Bersenjata (KKB) yang kerap berulah di Papua, dengan mengedepankan langkah persuasif dan penegakkan hukum. “Kita akan hadapi mereka sesuai dengan tugas-tugas kepolisian. Seorang polisi pasti tahu bagaimana harus bertindak, baik itu secara persuasif maupun dalam hal penegakan hukum,” kata Martuani.

Soal pengananan kasus tindak pidana korupsi, Martuani mengaku masih akan mempelajari terlebih dahulu. Ia pun berharap adanya dukungan dari semua pihak untuk meberantas tindak pidana korupsi di wilayah setempat.

“Saya akan pelajari dan mencari tahu lebih dulu. Intinya semua yang mejadi tugas pokok Polda Papua akan kami jalani dengna baik, apakan itu kasus kriminal biasa atau korupsi. Mohon dukungan juga dari rekan-rekan pers,” tutupnya.

Sementara itu, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyakini Irjen Martuani Sormin dapat mengatasi seluruh tantangan sebagai Kapolda Papua. Hal ini menyusul segudang pengalaman saat menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

“Saya percaya, bapak Kapolda Papua mengenal kondisi sosial pemasyarakatan di Papua, karena telah memiliki gambaran informasi saat menjabat Kapolda Papua Barat, yang tentunya dapat menjadi modal yang kuat di dalam tugas-tugas,” ujar Boy Rafli. (ful/jog)