BERBAGI

TIMIKA-Usaha membangun Papua melalui kemanusiaan terus dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Binmas Noken Polri, Rabu (22/8). Bahkan sejumlah daerah yang dianggap rawan di Papua tidak menjadi rintangan.

Salah satu  contoh kecil, kegiatan sosial di Kabupaten Puncak Jaya dengan beberapa kegiatan sosial yang langsung menyentuh masyarakat di wilayah yang dikenal rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata.

Demikian juga kegiatan Polisi Pi Ajar di Kampung Kimbely dan Banti, Distrik Tembagapura Timika,  Papua, Rabu (22/8). Dalam program tersebut, Tim Satgas Binmas Noken yang berjumlah enam personil dibawah pimpinan Kepala Satgas Binmas Noken Komisaris Besar Polisi Eko Sudarto.

Mengawali kegiatan, Tim Satgas Binmas Noken Polri bergerak menuju Kampung Kimbeli dan Banti setelah sebelumnya melaksanakan sholat Idul Adha di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, pukul 10.00 WIT.

Sambutan hangat masyarakat kepada Kombes Pol Eko Sudarto bersama Tim Satgas Binmas Noken Polri sangat terasa. Fakta ini sebagaimana keceriaan anak – anak yang tidak sabar mengikuti kegiatan Polisi Pi Ajar.

Kepala Satgas Binmas Noken Polri Kombes Pol Eko Sudarto menuturkan, anak – anak dari kampung Kimbely dan Banti terlihat sangat antusias dan gembira mengikuti setiap proses kegiatan Polisi Pi Ajar.

Hal ini dikarenakan pola yang diajarkan Ipda Made Ambo Arjana selaku Kanit Pendidikan Satgas Binmas Noken, dengan menerapkan sistim pengajaran yang memang dikhususkan bagi anak – anak.

“Anak – anak di ajak untuk belajar tentang wawasan kebangsaan yang di bungkus melalui permainan – permainan kecil yang sudah jelas membawa kebahagiaan bagi anak – anak tersebut. Namun nilai kebangsaan tetap tertanam didalam diri mereka sebagai generasi muda bangsa dari Timur Nusantara,” katanya.

Sekedar diketahui, Kampung Kimbely dan Banti merupakan wilayah yang terkena dapat kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), beberapa bulan lalu. Dalam aksinya, kelompok bersenjata di wilayah tersebut membakar sekolah dan rumah sakit yang menjadi satu-satunya fasilitas pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat di Distrik Tembagapura. (ful/jog/@dv)