BERBAGI
785 Atlet Telah Tes Kesehatan
Anggota Binpres KONI Papua, Benny Maniani saat memberikan keterangan kepada Wartawan

JAYAPURA- Sebanyak 785 Atlet telah menyelesaikan Tes Kesehatan (TK) yang dilaksanakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua jelang TC (Training Centre) berjalan menuju PON 2020.

“Tes Kesehatan dilakukan KONI Papua tahap pertama di Laboratorium Cito diikuti Atlet sebanyak 485, sedangkan untuk Tes Kesehatan tahap kedua di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) sebanyak 273 Atlet,” jelas anggota Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Papua, Benny Maniani kepada Wartawan di ruang Humas dan Protokoler KONI, Senin, (21/8).

Benny Maniani menjelaskan, tes pertama 84 Atlet ditemukan ada yang bermasalah, dan sampai saat ini KONI Papua belum mengetahui hasilnya, ahirnya di bawa ke Labkesda untuk ditetapkan oleh tim dokter, apakah Atlet tersebut bisa mengikuti tes fisik atau tidak.

Sementara untuk tes tahap kedua dilaksanakan sejak Selasa, (14/8) telah ditutup. Selanjutnya KONI akan fokus untuk Atlet yang ada ditiga Kabupeten yaitu, Biak Numfor, Merauke dan

guna melaksanakan tes kesehatan dan fisik.

“Dalam satu atau dua Hari, Tim yang diatur oleh Binpres dan Sekertaris akan berangkat untuk melakukan tes kesehatan, sekaligus untuk tes fisik di daerah,” ungkap Benny Maniani lagi.

Lanjut Benny mengungkapkan, jika saat ini masih ada beberapa Cabang Olahraga (Cabor) belum juga menyelesaikan data Atlet dan belum mengikuti tes kesehatan maupun fisik, sistim yang sudah selesai langsung bisa TC berjalan.

“Kami tidak bisa menunggu lebih lama karena kita coba memberikan kepercayaan kepada Pengprov untuk ikut terlibat dalam mempersiapakan Atlet menuju PON 2020,” tuturnya

Untuk Tes Fisik, kata Benny Maniani KONI Papua akan melaksanakan tes Fisik jika sudah ada hasil dari Tes Kesehatan yang dijalani Atlet dari setiap Cabor. “Jadi kami harus tunggu dari tim dokter untuk memastikan Atlet tersebut bisa lanjut ke tes fisik atau tidak, sehingga kita tidak bisa asal melakukan tes Fisik saja sebelum ada keterangan kesehatan dari Dokter,” jelasnya.(aan/pel)