BERBAGI

SERUI– Mengevaluasi program-program kerja maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Yapen melakukan Pelaksanaan Monitoring Meja terhadap pelaksanaan program kegiatan pembangunan tahun anggaran 2018 di Gedung Silas Papare Serui, Senin (20/8).

Sonny Woria selaku Kepala Bappeda Yapen dalam menyampaikan, kegiatan ini berdasarkan undang-undang baik itu tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, pembangunan Daerah dan tata cara penyusunan, pengendalian serta evaluasi pembangunan Daerah dan rencana pembangunan jangka panjang, jangkah menengah Pemerintah Daerah.

Tujuan dari kegiatan ini agar menjamin kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan yang mencakup standar input yaitu waktu, biaya, SDM, teknologi, prosedur dan beberapa aspek lainnya.

“Saya meminta agar dalam memberikan informasi kepada pengambil keputusan tentang adanya penyimpanan dan penyebabnya sehingga dapat mengambil keputusan untuk melakukan koreksi pada pelaksanaan kegiatan atau program baik yang sedang berjalan maupun pengembangannya di masa mendatang,”ujar Sonny Woria.

Dengan dilakukan kegiatan ini selama beberapa hari kedepan serta akan melakukan penyampaian dari kerja dari setiap OPD Yapen, maka diharapkan mempunyai hasil yang dapat dicapai untuk bagaimana mengetahui kemajuan serta menegtahui hambatan atau hal-hal yang tidak diduga secara potensial dapat menghambat jalannya program kegiatan.

Untuk itu yang terpenting dalam pembahasan monitoring dan evaluasi meja adalah jika hasil program kegiatan yang selama ini di laksanakan belum sesuai dengan harapan maka OPD pelaksanaan program kegiatan dapat melakukan tindakan penyesuaian atau koreksi secara tepat dan cepat sebelum program kegiatan terlanjur berjalan tidak pada jalurnya.

Sekda Yapen Alexsander Nussy dalam kesempatan yang sama mengatakan kegiatan ini sangat penting dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah serta mewujudkan pencapaian dari tujuan dan sasaran program kegiatan.

“Sasaran program kegiatan untuk menjamin tercapainya tujuan dan sasaran dari setiap program kegiatan dalam rangka pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yapen  tahun 2018 sampai 2022,”jelasnya.

Ia jelaskan dengan melakukan evaluasi program kerja, maka kita dapat melakukan koreksi-koreksi atau dukungan yang bertujuan untuk menata, mengarahkan, mendukung di setiap proses pelaksanaan kegiatan pembangunan.

“Untuk bagaimana menjadikan pembangunan yang berkualitas adalah memiliki ciri-ciri yang antara lain berorientasi pada kesejahteraan masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta meningkatkan ekonomi masyarakat. Ciri lain bagaimana fokus dalam mengelola potensi atau mengatasi masalah, berkesinambungan atau berkelanjutan bukan kepentingan sesaat dalam orientasi proyek, serta keterpaduan lintas sektor yang saling berhubungan dengan banyak sektor bukan jalan sendiri atau bersifat parsial,”ujar Sekda Yapen.

Ditambahkannya, APBD Yapen TA 2018 adalah tahun pertama dalam RPJMD Kabupaten Yapen tahun 2018-2022 sehingga sudah menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai aparatur di daerah ini dan Sekda sangat berharap agar seluruh OPD dapat mengikuti kegiatan ini.(her/jog)