BERBAGI
Asisten I Setda Mamberamo Raya, Drs. Jhon safkaur MM mewakili Bupati Dorinus Dasinapa, didampingi AKBP Dominggus Rumaropen membuka jalan santai bersama saat pencanangan bulan Kemerdekaan Hari ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 di Kasonaweja.

#Sekaligus Launching Tabloid Warta Mamberamo Raya

KASONAWEJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Raya (Mamra) beserta masyarakat, Kamis 2 Agustus lalu resmi menggelar kegiatan pencanangan bulan Kemerdekaan Hari ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73, sekaligus launching Tabloid Warta Mamberamo yang diterbitkan oleh Dinas Kominfo Mamberambo.

Kegiatan pencanangan HUT RI sekaligus Launching Tabloid Warta Mamberamo Raya berlangsung di lapangan sepakbola Kasonaweja ibukota kabupaten Mamra, diawali dengan jalan santai serat menarikan tarian Yospan dan Aster secara bersama dengan ketua panitia HUT RI ke 73 di Mamra, AKBP Dominggus Rumaropen.

Bupati Mamra, Dorinus Dasinapa dalam sambutannya yang dibacakan Drs. Jhon safkaur MM selaku Asisten I Setda Mamra mengatakan, pencanangan sebagai bentuk gaung dan pengumuman pada masyarakat bahwa Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tiap tangga, 17 Agustus harus diisi dengan berbagai kegiatan yang positif dan melibatkan semua kalangan.

“Hari ini kita mencanangkan, menggaungkan atau mengumumkan kepada masyarakat bahwa 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan bangsa Indonesia dan inilah kegiatan- kegiatan yang disiapkan untuk melibatkan kita semua sebagai sebuah bangsa yang merdeka, dan bersatu dari Merauke sampai Sabang,” ujar Jhon Safkaur.

Berbagai kegiatan berupa lomba-lomba telah dilaporkan tadi oleh saudara ketua Panitia dalam rangka menyemarakkan HUT RI tahun ini,” kata dia.

Dikemukakan Bupati Mamra sebagaimana sambutan yang dibacakan itu, Ada sebuah makna penting yang tersirat melalui acara-acara ini, yakni pertama menjadi sarana untuk menyatukan semua. Tidak boleh ada perbedaan karena semua adalah satu, bersatu dalam pikiran, bersatu dalam langkah dan bersatu dalam tindakan.

“Sebagaimana sebuah pepatah lama yang masih relefvan sampai kini mengatakan “Bersatu kita Teguh Bercerai Kita Runtuh”,” papar Safkaur.

Makna Kedua, lanjut Safkaur yakni Menyehatkan. Dalam artian melalui kegiatan- kegiatan rangkaian HUT RI ke-73, akan dilakikan olahraga bersama baik anak-anak, pemuda dan orangtua. Apalagi, kesehatan merupakan modal hidup manusia untuk berkarya.

“Sebab Bangsa dan Kabupaten ini tidak bisa dibangun oleh orang-orang yang sakit-sakitan, tetapi harus dibangun oleh orang-orang yang sehat fisiknya dan sehat pula Imannya tidak boleh ada kebencian, iri hati, dendam, dan karena itu saya berharap kegiatan-kegiatan ini kita laksanakan menjadi media untuk mempersatukan semua orang,” tegasnya.

Makna ketiga menurut Bupati Dorinus Dasinapa sebagaimana sambutan yang dibacakan Jhon Safkaur adalah Menggembirakan.

“Jadi Seluruh pelayanan harus dilakukan dengan penuh gembira, tidak boleh cemberut, tidak boleh marah, tidak boleh bentak- bentak, karena itu kita pastikan semua orang yang datang dan hadir saat ini wajib hukumnya untuk sukacita, ada kegembiraan. Karena didalam firman Tuhan juga mengatakan : Hati yang Gembira adalah Obat, tetapi semangat yang patah mengerikan tulang,” urainya.

Sementara makna terakhir yang diharapkan bisa dipetik dari rangkaian pencangan HIT RI le-73 di Mamra adalah sebagai sarana pengembangan Bakat Ada.

“Yang punya bakat menyanyi silahkan menyanyi, yang punya bakat Yospan silahkan Yospan, Aster Papua silahkan beraster Papua, dan bakat-bakat lainnya. Pemerintah melalui Panitia menyiapkan ruang seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin mengembangkan potensi dirinya. Karena potensi diri seperti inilah yang akan kita manfaatkarn untuk membangun negeri yang dijuluki seribu misteri sejuta harapan,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Bupati Dorinus Dasinapa juga berharap masyarakat Mamberamo Raya alias Mamra bisa merubah pandangan orang luar yang selama ini tentang daerahnya dengan konotasinya menakutkan, menyeramkan, menjadi negeri yang penuh harapan bagi semua Orang.

Asisten I Setda Mamberamo Raya, Drs. Jhon safkaur MM mewakili Bupati Dorinus Dasinapa, melaunching Tabloid Warta Mamberamo Raya disela pencanangan bulan Kemerdekaan Hari ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 di Kasonaweja.

Launching Tabloid Warta Mamberamo

Dalam kesempatan itu, Bupati Mamra juga sekaligus melaunching sebuah Media Informasi untuk masyarakat Kabupaten Mamberamo Raya yaitu “Tabloid Warta Mamberamo Raya” yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah yang secara teknis di kelola oleh Dinas Kominfo.

“Dengan kekurangan dan keterbatasan, Tabloid ini diterbitkan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada Publik (masyarakat) sesuai UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sebagaimana bunyi Pasal 3 UU itu bahwa UU ini bertujuan Menjamin hak warga Negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan Publik,” pungkas Bupati Mamra Dorinus Dasinapa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda, Jhon Safkaur.

Adapun suasana pencanangan HUT RI ke-73 di Kasonaweja sejak awal hingga akhir berlangsung meriah, ditutup dengan pembagian Tabloid Warta Mamberamo Raya secara gratis pada semua peserta dan masyarakat yang hadir.

HUT Kemerdekaan RI di Mamra akan diisi sejumlah kegiatan positif mulai dari seni budaya hingga pertandingan olahraga yang telah disiapkan oleh panitia yang diketuai AKBP Dominggus Rumaropen yang juga Kapolres setempat. (Cel)