BERBAGI

JAYAPURA – Guna menjawab harapan masyarakat, Kepolisian Daerah Papua membuka pelayanan kesehatan gratis yang diperuntukan masyarakat di Kota Kenyam, Kabupaten Nduga, sejak Jumat (27/7) lalu.

Pelayanan kesehatan gratis yang dikemas dalam bhakti sosial kesehatan ini menerjunkan tim medis Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Papua, serta petugas medis dari Puskesmas Kenyam.

dr. Leo salah satu petugas medis dari Bidokkes Polda Papua, bhakti sosial menuturkan, bhakti sosial tersebut dipusatkan di perempatan Jalan Jerusalem, Kota Kenyam, Kabupaten Nduga. Sejak pembukaan, pihaknya telah melayani 173 masyarakat baik orang asli Papua maupun non Papua.

“Selain personil Polda Papua dan Biddokes, kami  juga melibatkan dua orang mantri dari Puskesmas Keneyam yang terlibat langsung dari awal kegiatan,” katanya.

Menurut Leo, bhakti sosial kesehatan ini merupakan program Bidokkes Polda Papua yang secara rutin memberikan pelayanan kesehatan di Papua, khusunya untuk membantu masyarakat yang belum mendapat pelayanan kesehatan.

Selain memberikan pengobatan, lanjut Leo, pihaknya juga diberikan bantuan, berupa makanan sehat kepada warga yang berobat, serta sembako. “Pembagian bantuan bekerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Papua, termasuk  memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, penyuluhan yang disampaikan oleh AKBP Hotman Hutabarat berkaitan dengan hubungan masyarakat dengan pemerintah setempat.

Salah satu Tokoh Agama Kabupaten Nduga, Pdt Ishak Murib menuturkan, bhakti sosial kesehatan Polda Papua ini sangat dinanti oleh masyarakat setempat yang membutuhkan pelayanan kesehatan berkala.

“Polda Papua sangat merespon keinginan dan harapan masyarakat, karena selama ini pelayanan kesehatan di Nduga sangat kurang,” kata Pdt Ishak yang juga merupakan Ketua Wilayah Gereja Pentakosta di Indonesia (GPDI) Maranatha Yerikho keneyam

Ia berharap bhakti sosial kesehatan ini terus dilakukan secara rutin kepada masyarakat Nduga. “Kegiatan ini sangat baik sekali, terima kasih untuk Polda Papua yang sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Nduga. Kalau bisa kegiatan ini jangan pernah berhenti, terus dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nduga,  Otomi Gwijangge mewakili Bupati Nduga menuturkan, kegiatan kepolisian di Kabupaten Nduga sangat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Pengobatan gratis dan penyuluhan ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Nduga, sehingga kegiatan seperti harus terus dilakukan,” katanya.

Ia pun mengapresiasi Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar yang telah memberikan perhatian khusus kepada masyarakat di Kabupaten Nduga.

Otomi Gwijangge pun menghimbau seluruh masyarakat agar tidak percaya dengan isu-isu  provokatif atau hoax yang bertujuan menciptakan situasi Nduga agar tidak aman.  “Nduga aman, masyarakat beraktivitas normal seperti biasa,” tutunya.(ful/jog/@dv)