BERBAGI

JAYAPURA – Harga beberapa komoditi pertanian yang juga merupakan salah satu kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) masyarakat, seperti cabai rawit dan tomat yang sebelumnya sempat tembus di harga Rp120 ribu/kilogram (kg) untuk cabai dan Rp40 ribu/kg untuk tomat. Kedua komoditi itu, saat ini berangsur turun menjadi Rp90 ribu/kg (cabai rawit) dan Rp15 ribu/kg (tomat).

Salah satu pedagang komoditi pertanian di pasar tradisional Hamadi, Ana mengungkapkan, adapun alasan komoditi itu secara berangsur mulai mengalami penurunan harga, walaupun belum terlalu signifikan disebabkan karena ketersedian stok komoditi itu di pasar tradisional yang biasanya datang dari para petani lokal (Kabupaten Keerom), saat ini sudah mulai banyak. Setelah sebelumnya sempat berkurang karena kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Sejauh ini, walaupun harganya belum turun terlalu signifikan akan tetapi secara berangsur harga itu sudah sudah mulai turun. Hal ini disebabkan karena ketersediaan stok khususnya cabai rawit dan tomat yang sebelumnya sempat mahal. Dari para petani sudah kembali banyak lagi, pasca telah membaiknya kondisi cuaca,” ujar Ana saat di temui wartawan di lapak miliknya, Senin (30/7).

Dikatakan Ana, saat ini rata-rata para pedagang di pasar tradisional itu, masih sangat bergantung dari hasil panen para petani, khususnya petani lokal. Artinya ketika hasil panen mereka (petani) itu hanya sedikit, tentu hal itu juga akan sangat berdampak terhadap harga jualnya di pasar, hal yang sama juga akan terjadi sebaliknya.

“Kondisi seperti ini sudah sangat sering terjadi di pasar tradisional Hamadi ini, kalau hasil panen dari petani itu banyak, maka harga jualnya juga pasti akan sangat murah. Kita berharap kondisi seperti ini, perlu adanya perhatikan dari dinas terkait, karena ketika kita membeli dari para petani dengan harga mahal, akan tetapi tiba-tiba harga yang turun, maka yang dirugikan adalah kita, karena kita juga harus menyesuiakan harga yang ada,” keluhnya.   ‘

Sekedar informasi, harga kebutuhan bahan pokok saat ini di pasar tradisional Hamadi adalah, Cabai rawit Rp90 ribu/kg, cabai keriting Rp70 ribu/kg, cabai padang (teropong) Rp70 ribu/kg. Komoditi itu, sebelumnya sempat tembus di harga Rp100 hingga Rp120 ribu/kg-nya. Tomat Rp15 ribu/kg, bawang merah Rp50 ribu/kg, bawang putih Rp40 ribu/kg, wortel Rp40 ribu/kg, kentang Rp20 ribu/kg, dan bebagai sayur-mayur lainnya Rp7 ribu/ikatnya. (sun/jog)