BERBAGI

JAYAPURA – Status keamanan di Kabupaten Paniai siaga satu sejak menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah tersebut. Status keamanan di wilayah tersebut akan terus berlanjut hingga Pilkada Bupati usai.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal saat ditemui wartawan di ruang Media Center Humas Polda Papua, Rabu (25/7).

Menurut Kamal, situasi keamanan di Paniai menjelang pemungutan suara kondusif. Kapolda Irjen Pol Boy Rafli Amar,  Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo sempat berpatroli dengan menggunakan helikopter.

“Helikopter ini sebelumnya berada di Timika, namun karena isu situasi di Paniai, Forkopimda Papua melakukan patroli udara,” kata Kamal.

Patroli ini, lanjut Kamal, mengantisipasi gangguan dalam Pilkada susulan di Paniai yang dilaksanakan 25 Juli. Disamping itu, penebalan pasukan pengamanan Pilkada juga dilakukan dari Dogiyai dan Nabire.

“Calon kandidat yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) masih melakukan provokasi kepada masyarakat dan pendukungnya untuk menggagalkan Pilkada, namun kebersamaan yang dibangun TNI dan Polri dapat mencegahnya,” tuturnya.

Berdasarkan laporan dari jajaran di 23 distrik, lanjut Kamal, pelaksanaan pemungutan suara berlangsung lancar dan kondusif. Namun dari seluruh distrik, tidak seluruhnya menggunakan TPS maupun sistem noken.

Dalam Pilkada Paniai, kata Kamal, pihaknya akan melakukan pengamanan khusus, dengan tidak terpaku pada satu TPS. “Tergantung kerawanan wilayah, makanya ada perbantuan dari Brimob dan TNI untuk wilayah yang berpotensi gangguan KKB,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Papua Theodorus Kossay saat dihubungi, Rabu (25/7) petang, mengaku pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di Paniai berjalan aman dan lancar. Ia pun bersyukur isu Pilkada Paniai tidak aman, tidak terbukti.

“Selama ini diisukan Pilkada Bupati terjadi konflik dan tidak aman, tidak terbukti. Semua orang pesimis dalam Pilkada Paniai, namun semua lancar, cuaca juga cerah dan seluruh masyarakat berpartisipasi ke TPS,” tuturnya. (ful/jog)