BERBAGI

WAMENA – Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw, mengungkapkan pihaknya telah mendistribusikan vaksin untuk imunisasi campak dan rubella ke distrik-distrik terjauh di Kabupaten Jayawijaya.

“Kami sudah telah melakukan pengiriman vaksin ke Distrik Trikora sebagai distrik terjauh di Jayawijaya. Pengiriman ini menggunakan helikopter Helvida,” ungkap Willy saat ditemui di Kantor Bupati Jayawijaya, Rabu (25/7) kemarin.

Sementara, untuk Distrik Tailarek dan Distrik Walaik akan mencari kendaraan untuk membawa vaksin tersebut. Di distrik terjauh ini, kata dr. Willy akan diberikan kepada Satuan Kaki Telanjang (Satgas Kijang) untuk vaksin imunisasi kepada anak-anak di sana.

“Pemberian vaksin ini akan dilakukan secara serentak di Jayawijaya pada Agustus nanti,” imbuhnya.

Menurutnya, imunisasi pada Agustus ini akan dikhususkan untuk ana-anak umur 5-15 tahun, sedangkan pada bulan September akan dilakukan pada jam pelayanan di fasilitas kesehatan (Puskesmas) di seluruh Jayawijaya.

“Untuk total jumlahnya saya belum tahu pasti, namun yang jelas ini tergantung dari jumlah anak sekolah yang akan divaksinasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Jayawijaya meminta kepada orang tua dari anak-anak untuk mengantarkan anak-anaknya terutama umur 5-15 tahun agar mendapatkan pelayanan vaksin campak dan Rubella.

“Vaksin campak dan rubela ini sangat penting bagi anak -anak, karena risiko paling fatal jika tak mendapatkan vaksin ini bisa mengalami kekurangan pendengaran, infeksi pada selaput otak, kebutaan dan bisa juga menjadi cacat,” jelasnya.(lay/jog)