BERBAGI

SERUI– Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kabupaten Kepulauan Yapen melakukan pelatihan pengelolaan keuangan kepada aparatur pemerintah kampung se distrik Kabupaten Yapen yang berlangsung di Gedung Silas Papare, Selasa (24/7).

Tujuan diadakannya pelatihan ini agar peran yang diterima oleh aparatur desa yang tentunya disertai dengan tanggug jawab yang sangat besar, mampu dilaksanakan secara baik. Terlbih dalam pengelolaan keuangan dan melakukan laporan pertanggung jawaban anggaran dalam melaksanakan program kampung kepada masyarakat.

Untuk bagaimana bisa mencapai tujuan yang baik, BPKP telah menerbitkan petunjuk pelaksanaan Bimbingan dan Konsultasi penegelolaan keuangan Desa pada bulan April 2015 lalu. Seiring perubahan regulasi yang ada dan juga untuk memenuhi materi pembelajaran pada Diklat pengelolaan keuangan maka perlu disusun Modul keuangan desa dengan menggunakan aplikasi sisitem keuangan desa (SISKEUDES).

Gayus Mara selaku sekretaris dari Distrik Yawakukat sangat senang dengan pelatihan yang dilakukan ini. Ia menganggap hal seperti inilah yang sangat penting dan sangat membantu dalam melakukan pengelolaan anggaran desa.

“Sebagai aparatur desa menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten yang telah melaksanakan kegiatan ini dan ini merupakan langkah maju dalam menolong kepala dan bendahara kampung dalam melakukan proses pengeluaran dana kampung untuk di gunakan,”kata Gayus Mara kepada Wone.

Ia juga menambahkan pelatihan ini juga, pihaknya diajar lebih jelih lagi dalam melakukan suatu laporan pertanggungjawaban keuangan kepada masyarakat, apalagi jika anggaran yang di keluarkan dengan jumlah yang besar. Ini termasuk  menolong kampung untuk melakukan pencairan tahap berikutnya.

“Ini sangat penting agar disaat melakukan pertemuan laporan pertanggungjawaban anggaran kepada masyarakat, tidak ada lagi simpang siur dalam proses pengeloaan dana desa,”jelasnya.(her/jog)