BERBAGI
Yanpiet/Wone Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si sedang berdiskusi dengan sejumlah tokoh adat Sentani di pinggir Danau Sentani dalam suatu kunjungannya ke kampung
Yanpiet/Wone
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si sedang berdiskusi dengan sejumlah tokoh adat Sentani di pinggir Danau Sentani dalam suatu kunjungannya ke kampung

Target Tahun 2020 Sudah Digunakan oleh Peserta PON XX

SENTANI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura berencana menjadikan eks lokalisasi Tanjung Elmo sebagai tempat wisata dan kuliner bertaraf nasional untuk digunakan oleh masyarakat umum. Pembangunannya diperkirakan rampung pada Tahun 2020 mendatang sehingga dapat digunakan oleh peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

“Hanya saja pembangunannya sekarang belum berjalan karena masih ada satu bangunan yang memilki Izin Mendirikan Bangunan (IMB-red). Kami sedang berupaya untuk memindahkan bangunan tersebut supaya penataan Tanjung Elmo untuk kepentingan wisata dan kuliner segera dikerjakan,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si di Lobi Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Selasa (10/7) kemarin.

Dikatakannya, rencana pembangunan eks lokalisasi Tanjung Elmo untuk kepentingan wisata dan kuliner telah direncanakan sejak penggusuran namun terkendala akibat pemenuhan sejumlah urusan administrasi yang hendak diselesaikan pemeritah.

Selain itu juga, lanjut bupati, masih ada sejumlah bangunan di lokasi tersebut yang memilki IMB sehingga butuh koordinasi dan komunikasi yang intens di antara para pihak, baik pemerintah daerah sendiri tetapi juga pemilik bangunan tersebut.

Menurutnya, sampai dengan saat ini banyak pihak yang bersedia untuk membangun fasilitas penunjang untuk pariwisata dan kuliner hanya saja belum dikerjakan berhubung dengan sejumlah kendala yang sedang di hadapi oleh pemerintah.

“Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana membeli bangunan yang mempunyai IMB di eks lokalisasi Tanjung Elmo supaya terjadi pemindahan hak, dengan demikian perencanaan pembangunan kawasan itu segera dimulai,” tandasnya.

Supaya PON XX Tahun 2020 di Papua dengan venue utama di Kampung Harapan, Bupati Awoitauw, fasilitas wisata dan kuliner di eks lokalisasi Tanjung Elmo dapat dimanfaatkan oleh peserta PON XX Tahun 2020 untuk kepentingan wisata dan kuliner.

“Setelah usai PON XX Tahun 2020, kawasan tersebut dapat diperkenalkan kepada orang di luar Papua oleh peserta PON dan tentunya ke depan kawasan tersebut menjadi kawasan wisata dan kuliner andalan Kabupaten Jayapura,” pungkasnya.(yan/yek)