BERBAGI
Pendirian Koperasi harus Kepentingan Umum
Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Ahmad Musa

JAYAPURA- Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Ahmad Musa mengatakan, minat masyarakat untuk mendirikan Koperasi cukup banyak seiring meningkatnya jumlah penduduk.

“Sudah tentu pemerintah akan melihat latar belakang pembentukan Koperasi tersebut, apakah hanya untuk mendapat dukungan pemerintah atau apa,” kata Musa saat di konfirmasi baru-baru ini.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) setempat, Koperasi tersebar di wailayah Kota Jayapura sebanyak 199, namun yang aktif hanya 70 hingga 80 saja.

Musa mengungkapkan, dari Januari-Juni 2018 sudah ada 15 Koperasi yang didirikan dari kalangan masyarakat umum. Dalam mendirikan koperasi harus jelas yaitu gedung sendiri, modal, dan SDM berkwalitas.

Lebih lanjut dikatakan Musa, jika tidak mematuhui hal tersebut pasti cepat tutup. “Seharusnya pembentukan Koperasi untuk kepentingan umum bukan kepentingan pribadi atau golongan,” tegasnya.

Ia juga terus mendorong notaris berperan dalam pembuatan Akta Koperasi, hal itu bertujuan agar Koperasi tersebut bisa terdaftar di Perindagkop.(fid/pel)