BERBAGI
Anak Jalanan di Kota Jayapura Didominasi Usia Produktif
Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi

JAYAPURA – Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi mengatakan, usia 5-17 Tahun anak-anak jalanan hidup terlantar karena tidak mempunyai tempat tinggal atau rumah.

“Dari data yang dimiliki Dinas Sosisal Kota tahun 2017 ada 148 anak. Ada yang ikut keluarga, ikut teman-temannya sehingga hidup di jalanan,” kata Irawadi di saat di konfirmasi baru-baru ini.

Irawadi mengatakan, anak jalanan yang hidup terlantar ini ada yang masih sekolah, ada juga yang tidak sekolah. Bahkan ada juga anak jalanan ini sudah terlibat kasus kriminal.

“Ada 26 anak yang ditemukan lembaga pembinaan hukum. Kalau melakukan tindakan pelanggaran hukum kami melakukan mediasi kepada keluarga dan korban untuk mencari jalan terbaik,” kata Irawadi.

Dinas Sosial setempat terus berupaya dengan melakukan pembinaan lebih komprehensif melalui rumah pembinaan atau rumah singgah.

“Kami hadir untuk memberikan pembinaan agar hidup dengan layak, seperti pembinaan rohani dan pendidikan serta Wirausaha dengan melibatkan lembaga sosial. Kami ingin anak-anak jalanan lebih terbina lagi dan terorganisir dengan baik,” kata Irawadi.(fid/pel)