BERBAGI
30 Rider Meriahkan Bhayangkara Off Road
Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar saat membuka secara resmi Bhayangkara Off Road 2018

JAYAPURA РSebanyak 30 rider ikut meriahkan even Olahraga ekstrim Off Road Bhayangkara Championship Papua 2018 memperebutkan Trofi bergilir Kapolda Papua Cup  I Tahun 2018.

Pembukaan secara resmi digelar berlangsung di Arena Off Road Jalan Baru Youtefa, Jumat, (22/6) pecan lalu.

Dalam perlombaan Off Road ini memperlombakan empat Kelas yakni, Kelas 4 x 4 2500 Upper, Kelas 4 x 4 2500 Under, Kelas 4×2 2500 Upper, dan Kelas 4×2 2500 khusus wanita.

Even yang baru pertama kali digelar ini diharapkan mampu menjadi pembangkit minat Olahraga Off Road di Tanah Papua, sekaligus juga untuk menjaring para pembalap Off Road potensial, dan menumbuhkan kesadaran dalam tertib berlalu lintas.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan bahwa, even ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara yang ke-72 Tahun dan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada dalam mewujudkan Pilkada damai.

“Semoga Olahraga ini bisa terus kita kembangkan. Dan semoga ini juga bisa menyalurkan bakat masyarakat Papua pecinta Off Road yang selalu mencari medan sendiri. Mereka luar biasa, dan tentunya kepada seluruh pecinta Off Road bisa secara bertahap kita majukan Olahraga ini di Papua dan masukkan sebagai agenda nasional,” ungkap Kapolda Boy Rafli Amar.

Sementara itu, Wakil Ketua Indonesian Off Road Federation (IOF) Pengda Papua selaku Ketua Panitia, AKBP Gustav R. Urbinas mengungkapkan, maksud dan tujuan even ini untuk menumbuhkan jiwa sportifitas dan disiplin berlalu lintas. Selain itu untuk membangun kerjasama dan kekompakan, sekaligus mengkampanyekan Pilkada damai di Papua.

AKBP Gustav R. Urbinas menjabat sebagai Kapolres Kota Jayapura ini menghimbau, dengan adanya even ini semoga dapat memberikan kesejukan jelang Pilkada nanti dan dapat berjalan aman dan damai.

“Jadi hal ini yang melatar belakangi untuk dilaksanakannya even ini selama dua hari diikuti 30 Peserta dari Jayapura dan luar Jayapura, dan akan ditutup besok sekaligus penyerahan piala bergilir dan kita agendakan Kapolda cup pertama ini akan digelar tiap tahunnya,” jelasnya.

Ketua Umum IOF Pusat, Askar Katiwa juga berharap even ini bisa menghasilkan pembalap Off Road dari Papua dan bisa membantu para pengemudi lainnya untuk tertib berlalu lintas.

“Karena godaan paling besar saat mengendarai kendaraan Off Road itu jangan sampai kita arogan dan harus bisa menjadi panutan bagi pengemudi lain di jalan raya,” ujar Askar.(aan/pel)