BERBAGI

JAYAPURA – Beberapa hari usai Lebaran 1439 H 2018, harga kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) di pasar tradisional secara berangsur mulai mengalami penurun, seperti Cabai rawit setelah sebelumnya sempat tembus di harga Rp120 ribu/kilogram (kg), kini sudah di jual Rp50 ribu/kg-nya.

Menurut para pedagang yang setiap harinya berjualan di pasar tradisional Hamadi misalnya, terjadinya penurunan harga beberapa kebutuhan bahan pokok itu disebabkan karena saat ini, stoknya sudah sangat banyak seiring dengan permintaanya yang juga ikut menurun.

“Pada saat Lebaran kemarin memang stok beberapa bahan pokok ini sangat kurang, yang juga bertepatan dengan belum masuk pada musim panen. Dan seiring dengan berlalunya Lebaran itu, kini para Petani itu sudah mulai masuk pada masa panen, sehingga stoknya juga sudah mulai banyak, seiring dengan permintaannya yang ikut menurun,” ujar Mustika, salah satu pedagang di pasar tradisional Hamadi, kepada wartawan, Kamis (21/6).

Mustika juga mengakui, seiring dengan banyaknya jumlah stok yang tersedia saat ini, yang juga diikuti dengan permintaanya ikut menurun/berkurang, mengakibatkan penghasilannya juga ikut menurun, pasalnya sebelumnya Ia sudah sempat menyediakan stok yang cukup banyak, tentunya dengan harga mahal pula.

“Sebelumnya saya sudah sempat menyediakan stok yang cukup banyak, takutnya harga yang ada itu semakin naik, akan tetapi dalam kenyataannya saat ini stok itu sudah mulai banyak, seiring dengan permintaannya yang juga ikut menurun,” keluhnya.

Sekedar informasi harga kebutuhan bahan pokok saat ini di pasar tradisional Hamadi adalah, Cabai rawit Rp50 ribu/kg, cabai keriting Rp50 ribu/kg, cabai padang (teropong) Rp50 ribu/kg, setelah sebelumnya harga itu sempat tembus di harga Rp100 hingga Rp120 ribu/kg-nya. Tomat Rp15 ribu/kg, bawang merah Rp 30 ribu/kg, bawang putih Rp40 ribu/kg, wortel Rp40 ribu/kg, kentang Rp20 ribu/kg, dan sayur-mayur Rp5 ribu/ikatnya. (sun/jog)