BERBAGI

WAMENA – Kepolisian Resort Jayawijaya bakal menurunkan sebanyak 400 personel polisi untuk pengamanan pelaksanaan Kampanye Gubenur dan Wakil Gubernur Nomor Urut Satu, Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) yang diselenggarakan di lapangan Sinapuk, Wamena, Jayawijaya, pada Sabtu (23/6) mendatang.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan P. Reba kepada wartawan di Wamena mengungkapkan, anggota yang disiagakan sebanyak 617 personel polisi, namun yang disiapkan untuk pengamanan kampanye berjumlah 450 personel. “Mereka terdiri dari Polri, Brimob dan TNI. Mereka akan disiagakan untuk menjaga titik-titik kegiatan hingga selesai,” jelasnya.

Menurutnya, pengamanan selama pelaksanaan kampanye ini harus dilakukan hingga selesai, sebab masa pendukung yang akan berpartisipasi dalam kampanye Lukmen ini tidak hanya dari Wamena saja, namun warga dari beberapa daerah pemekaran seperti Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Tolikara dan Yalimo juga bakal berpartisipasi.

“Banyak masyarakat yang berdatangan. Bahkan hingga sore hari ini (kemarin,red) masa pendukung calon nomor urut satu dari kabupaten pemekaran berdatangan ke Wamena,” katanya.

Oleh karena itu, aparat keamanan pun terus meningkatkan keamanan di Wamena dalam rangka menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama, seperti halnya mereka yang membawa sajam, orang mabuk dan penyakit sosial lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Lukmen Jilid II Kabupaten Jayawijaya, Weki Gombo menuturkan, untuk persiapan pelaksanaan kampanye terbuka di Lapago yang bakal dipusatkan di Wamena sudah mencapai 80 persen.  “Kami berharap besok (hari ini,red) mencapai 100 persen,” katanya.

Lebih jauh, Gombo juga mengharapkan pelaksanaan kampanye Lukmen ini berjalan aman dan damai, sehingga dia mengimbau kepada semua pihak dalam hal ini pendukung Lukmen baik di Jayawijaya, Mamberamo Raya, Lanny Jaya, Tolikara dan Yalimo menjaga keamanan bersama.

Ditempat terpisah, Koordinator Relawan Lukmen tingkat Distrik Wesaput, Martinus Itlay mengungkapkan, pihaknya siap menyukseskan pelaksanaan kampanye Lukmen.“Untuk distrik Wesaput kami siap sukseskan kampanye dan berharap semua tahapan persiapan hingga pelaksanaan kampanye berjalan lancar, dan sukses,” pungkasnya. (lay/jog)