BERBAGI

Yanpiet/Wone BERSIHKAN SAMPAH-Tampak sejumlah petugas sedang membersihkan sampah di salah satu sudut Kota Sentani

SENTANI–Masalah sampah di setiap kota yang padat penduduk menjadi masalah yang sangat pelik dan konon sulit untuk teratasi. Begitu juga Kota Sentani memilki persoalan sampah yang sangat kompleks sehingga membutuhkan perhatian.

Kepala Distrik Sentani, Alfons Awoitauw,SIP menjelaskan, untuk mengatasi sampah maka pihaknya telah bekerja sama dengan bank sampah untuk semua sampah yang berpeluang untuk di daur ulang dapat diserahkan ke bank sampah untuk di daur.

“Masalah sampah tidak bisa menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi harus ada integrasi program atau penangananya secara komperhensif di antara berbagai komponen di kota ini,” ujar Kepala Distrik Sentani saat ditemui wartawan di ruang kerjanya belum lama ini.

Dikatakan, ke depan pihaknya akan terus membangun kerja sama dengan Forum Kota (Forkot) dan pihak lain untuk menangani permasalahan sampah yang ke depan jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada kerusakan lingkungan.

Di tempat terpisah, Ketua Forum Kota Sentani, Denix Felle menuturkan, sebagai wadah yang lahir dari inisiatif masyarakat maka Forum kota juga ikut bertanggung jawab menangani masalah sampah dan lingkungan.

Denix menyampaikan, pihaknya kini sedang melakukan sosialisasi bahaya membuang sampah di sembarang tempat kepada warga di beberapa tempat yang berpotensi terjadinya kerusakan lingkungan.

“Kami sangat merespon upaya yang dilakukan oleh Distrik Sentani, salah satunya melounching Bank Sampah. Biarlah dengan adanya bank sampah maka sampah-sampah di kota ini dapat di daur ulang,” ungkapnya.(yan/yek)