BERBAGI
Yanpiet/Wone  Petugas Kesehatan Puskesmas Kabupaten Jayapura sedang melayani pasien
Yanpiet/Wone
Petugas Kesehatan Puskesmas Kabupaten Jayapura sedang melayani pasien

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si mengharapkan, kepada semua Pustu, Polindes, Puskesmas di Kabupaten Jayapura dan RSUD Yowari untuk benar-banar menjalankan program BPJS Kesehatan berupa pengobatan gratis bagi warga secara konsisten dengan tidak membeda-bedakan pelayanan.

“Pelayanan kesehatan dan pendidikan merupakan bidang layanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, selain itu, manfaatnya juga dirasakan langsung sebab itu, berikan pelayanan tersebut dengan baik dan benar,” kata bupati.

Bupati menuturkan, ke depan pihaknya selaku Pemerintah Daerah dan pihak BPJS terus akan menjalin kerja sama yang baik demi pembangunan kesehatan yang berkualitas dan bermartabat di Bumi Khenambay Umbay.

“Kami berharap setiap warga masyarakat Kabupaten Jayapura yang telah terdaftar sebagai penerima BPJS Kesehatan dapat terlayani dengan baik pelayanan kesehatannya,” harapnya.

Bupati dua periode ini menjelaskan, pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini perlu mendapat perhatian sebab kesehatan adalah kebutuhan mutlak yang harus didapat masyarakat di samping pendidikan dan infrastruktur.

Dikatakannya, subsidi atau bantuan dana yang diberikan kepada BPJS adalah bersumber dari dana Otsus dengan tujuan supaya masyarakat Kabupaten Jayapura penerima BPJS Kesehatan dapat terlayani pengobatan secara gratis.

“Pengobatan gratis bagi peserta BPJS dapat dilakukan di sejumlah sentra pelayanan kesehatan mulai dari Puskesmas Pembantu (Pustus), Puskesamas, RSUD Yowari dan beberapa pusat layanana kesehatan yang bekerjasama dengan pihak BPJS,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Jayapura sebagian besarnya mendiami kawasan pinggiran hingga daerah terpencil. Untuk itu, pihaknya berharap, agara pelayanan BPJS Kesehatan benar-benar menyentuh warga.

Bupati yang juga Ketua DPW Partai NasDem Papua itu menyebut, program BPJS Kesehatan di daerah ini berjalan selain mendapat subsidi dana dari Pemerintah Kabupaten Jayapura tetapi juga BPJS mendapat dana yang bersumber dari ABPN.

Dengan demikian, pelayanan kesehatan gratis dapat dirasakan oleh masyarakat tetapi khusus masyarakat yang telah terdaftar sebagai penerima layanan kesehatan gratis lewat BPJS.(yan/yek)